Breaking News:

Kirim 5 Wakilnya di Kompetisi 1Idea 1World, USU Raih 2 Medali Emas

Indonesia patut berbangga memiliki generasi muda yang kreatif dan inovatif, pasalnya empat mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil meraih

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
empat mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil meraih medali dua mendali emas pada kompetisi penemuan dan inovasi 1Idea World competition dan 1Idea world Challenge di Turkey (26/3/21). 

Tribun-Medan.com, Medan - Indonesia patut berbangga memiliki generasi muda yang kreatif dan inovatif, pasalnya empat mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil meraih dua mendali emas pada kompetisi penemuan dan inovasi 1World 1Idea Competition Invetion

Kelima mahasisa USU itu ialah Billy Affandie Rizal,mahasiswa sastra melayu 2018, salsabilla kobis mahsiswa Farmasi 20018, Marta Julisa Lubis, Mahasiswa ilmu Hukum 2018, Arnita Sari Siagian, Mahasiswa manajemen Sumber Daya Perairan 2018, dan Nafindo Purba , Jurusan agribisnis 2017.   Mereka merupakan delegasi Indonesia terpilih pada ajang bergengsi tersebut 

 1Iworld  merupakan sebuah ajang mempublikasi penemuan penemuan dari seluruh dunia , dikarenakan pandemic covid 19 kompetisi 1Iworld tahun Ini di selengarakan secara daring . 1Iworld  sendiri berlangsung dari 22-26 Pebruari 2020 ujar Billy.

 Ia menambahkan pada ajang Iworld competition  sendiri di ikuti 67 negara dan 370 tim dari seluruh dunia. Para peserta di tuntut untuk memamerkan sejumlah produk penemuan atau inovasi di kembangkan dan di saksikan oleh para juri dan para pengusaha maupun perwakilan perusahaan ternama di dunia.

Ajang 1Iworld Sendiri Di selenggarakan oleh organisasi peneliti Turki (Tumiad)

Billy mengatakan dalam kompetisi tersebut, pihak nya menampilkan penemuan berupa mie instan berbandasar sagu dan limbah kulit buah naga. Inovasi yang kami buat ini bukan hanya untuk di perlombakan, akan tetapi juga akan di jadikan bisnis atau start up,”

Ia menuturkan inovasi mie sagu yang mereka buat dapat menegah diabetes mellitus pada tubuh manusia, sebab mengandung plavonoid dan rendah kalori. Beda dengan mie pada umum nya mie yang kami buat juga perpaduan dari limbah kulit buah naga, yang sangat banyak manfaat nya bagi tubuh manusia. Terlebih lagi kami memiliki kerja sama dengan PT National Sago prima selaku produn seagu dan mitra kerja kami.

“Kedepan nya akan di bangun pabrik sendiri bukan hanya untuk kami tapi juga untuk masyrakat secara umum.”

Billy menambahkan, kedepan nya peneliti/Inovator di USU perlu perhatian khusus dari masyrakat terutama pihak kampus. Agar nantinya banyak Penemuan dan Inovasi yag dapat USU ciptakan guna memberikan dampak secara luas bagi masyarakat.

“dalam hidup ini perlu lebih banyak aksi dari pada teori yang hanya di ucapkan semata, berpacu dengan waktu yang tersu berjalan sama seperti di ajarkan dan di terapkan di kuminitas kami Timessquad  yaitu waktu adalah lebih tajam dari pedang, sebanyak apapun kamu memiliki uang, kamu tak akan pernah bisa membeli waktu.

Oleh karna itu waktu harus  dimaksimalkan sebaik mungkin. Harapan nya kedepan nya akan lebih banyak anak muda yang berinvasi guna memajukan dan mewujudkan SDGs 2045.” Tutup nya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved