Breaking News:

Mentan Buka Lahan di Humbahas

BREAKING NEWS: Sebelum Mentan Tinjau Lahan di Humbahas, Sejumlah Alat Pertanian Dikerahkan

Sebelum kedatangan Menteri Pertanian, alat-alat pertanian sudah berada di lokasi lahan baru tepatnya di Desa Hutajulu, Kecamatan Pollung, Humbahas

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Juang Naibaho
Tribun Medan/MAURITS PARDOSI
Lahan pertanian yang ada di Desa Hutajulu dengan alat pertanian yang tengah mengolah tanah pada Selasa (23/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, HUMBAHAS - Alat-alat pertanian sudah berada di lokasi lahan baru tepatnya di Desa Hutajulu, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) pada Selasa (23/3/2021).

Mayoritas alat pertanian yang ada di lokasi merupakan alat pertanian Kementerian Pertanian.

Terlihat di lokasi, sejumlah petugas tengah bersiap menerima kehadiran Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mulai dari pembersihan pinggiran lokasi; pemerataan tanah dan membentuk parit dengan ekskavator.

“Kalau yang di sini ada banyak alat pertanian, sebagian besar dari Kementerian Pertanian. Sebagian lagi dari Dinas Pertanian Kabupaten Humbahas,” ujar Biro Humas Kementan yang tengah berada di lokasi pada Selasa (23/3/2021).

Para pengemudi alat pertanian juga sudah berada di lokasi dan bersiap memperlihatkan kepada pihak kementerian bagaimana cara pengolahan tanah di lahan baru.

Dari agenda perjalanan, Mentan Syahrul Yasin Limpo akan bergerak dari kawasan panen kentang di Desa Riaria, Kabupaten Humbang Hasundutan lalu menuju lahan 785 Ha. Dua lokasi ini menjadi lokasi peninjauan secara intensif, untuk melihat secara langsung pengolahan tanah.

Lahan baru tersebut terlihat masih ditumbuhi semak belukar dan sebagian potongan kayu pinus masih berada di lokasi. Hingga kini, sejumlah pihak masih dalam penantian menteri tersebut.

Pada tabel yang telah disediakan di sekitar lokasi, ada sebanyak 332 petani yang dinyatakan dalam daftar Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL). Desa Hutajulu dibagi menjadi 8 kawasan dengan luas lahan 120,5 Ha dengan jumlah petani 103 petani.

Selain Desa Hutajulu, lahan juga berada di Desa Riaria dengan luas 411,5 Ha dengan jumlah petani sebanyak 208 petani.

Sementara di Desa Parsingguran, luas lahan yang diolah seluas 253 Ha dengan jumlah petani sebanyak 21 petani.

(cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved