Breaking News:

Kemenhub Uji Coba Dua Bus Air di Perairan Danau Toba

BPTD Wilayah II Sumatera Utara melaksanakan uji coba berlayar dua bus air di perairan Danau Toba.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN / ist
Kementerian Perhubungan melaksanakan uji coba berlayar dua bus air yaitu, KMP Asa-Asa dan KMP Jurung Jurung di Pantai Parparean, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Senin (22/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumatera Utara melaksanakan uji coba berlayar dua bus air di perairan Danau Toba.

Uji coba berlayar dua bus air tersebut, KMP Asa Asa dan KMP Jurung Jurung, berlangsung di Pantai Parparean, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Senin (22/03/2021)

Bus Air KMP Asa-Asa yang sebelumnya telah diluncurkan ke perairan Danau Toba langsung dilakukan percobaan berlayar menuju Pelabuhan Balige.

Para pejabat yang ikut uji coba berlayar ini antara lain, Wakil Bupati Toba Toni M Simajuntak, Kepala BPTD Wilayah II Provinsi Sumatera Utara Batara, Kasubdit Sarana Transportasi SDP Bambang Siswoyo Kasubdit Pengawasan dan Operasional Transportasi SDP Mangasi Sinaga, Kepala KA UPTD Angkutan Danau Penyeberangan (ADP) TB Simanjuntak.

Baca juga: 10 Tahun Tak Tersentuh Pembangunan, Akhirnya Bobby Nasution Tinjau Jembatan Rusak di Medan Maimun

Baca juga: TNI Baret Biru Adang Eksekusi Tanah, Juru Sita: Angkatan Udara Bentengi Kita Agar Tidak Masuk

Kepala BPTD Wilayah II Provinsi Sumut, Batara menyampaikan, bahwa Ditjen Perhubungan Darat Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumut berkomitmen mendukung Danau Toba sebagai tujuan utama destinasi wisata melalui penyediaan sarana dan prasarana transportasi SDP.

"Dua bus air ini bertujuan untuk melayani transportasi masyarakat sekaligus memberikan kemudahan konektivitas dan kenyamanan bagi masyarakat dan wisatawan khususnya di wilayah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN ) Danau Toba,” ujar Batara.

Batara mengungkapkan, Bus Air KMP Asa Asa dan KMP Jurung Jurung berukuran 70 GT dengan panjang kapal 17,7 meter dan lebar 8 meter.

Kapal ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak 150 orang.

“Kapal ini memiliki dua lambung dengan keunggulan yaitu stabilitas kapalnya yang lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, desain body Bus Air KMP Asa Asa dan KMP Jurung Jurung mengakomodir budaya lokal dengan menambahkan aksen motif khas batak.

Baca juga: Bobby Nasution Hentikan Pengerjaan Bronjong di Perumahan Elite, Kerap Bikin Banjir Permukiman Warga

Baca juga: Eksekusi Lahan Dihalangi Tentara, TERUNGKAP Surat Danlanud Soewondo dan Perwira Bintang Satu TNI-AU

Desain interior kapal pun dibuat seperti kapal wisata sehingga memberi kenyaman bagi pelancong untuk berwisata berkeliling Danau Toba

Bus Air KMP Asa Asa dan KMP Jurung Jurung nantinya akan dilakukan sea trial atau uji coba pelayaran yang merupakan serangkaian inspeksi terakhir sebelum kapal diizinkan berlayar dan memiliki sertifikat.

Kapal akan diuji dengan serangkaian tes untuk mengetahui kelayakannya pada saat berlayar.

"Semoga dengan adanya kapal dari Kementerian Perhubungan ini dapat meningkatkan minat wisatawan lokal dan internasional untuk berkunjung ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba, " ujar Batara Kepala BPTD Wilayah II Provinsi Sumatera Utara.

(cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved