Breaking News:

Kickboxing Sumut Lakukan Pembinaan Atlet Hadapi PON 2024: Buka Pengurus di Seluruh Daerah

Keseriusan ditingkatkan untuk menciptakan gebrakan positif yang mampu membanggakan nama baik organisasi, bahkan nama daerah lewat sebuah prestasi maks

Tribun Medan / Sofyan Akbar
LATIHAN - Sekretaris Kickboxing Sumut, Sadarmawati Simbolon saat berfoto bersama atlet kickboxing pascalatihan untuk persiapan PON Aceh-Sumut 2024. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Sofyan Akbar
TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengurus kickboxing Indonesia (KBI) Sumut sudah mempersiapkan atlet untuk menghadapi PON 2024 Aceh-Sumut.

Maka dari itu, keseriusan ditingkatkan untuk menciptakan gebrakan positif yang mampu membanggakan nama baik organisasi, bahkan nama daerah lewat sebuah prestasi maksimal.

Demikian disampaikan, Ketua Kicxboxing Sumut, Budiman melalui Sekretaris, Sadarmawati Simbolon.

"Dan tidak menutup kemungkinan akan melebar dan menjadi ada di setiap kabupaten dan kota di provinsi Sumut," kata Sadarmawati, Selasa (23/3/2021).

Katanya, tidak mau main-main dalam melakukan pembinaan terhadap atlet. Wanita yang juga pelatih Kickboxing ini mengatakan pihaknya ingin benar-benar melakukan pembinaan khususnya bagi para atlet yang memiliki mental tanding yang luar biasa.

Baca juga: Setelah Firman Septian, I Gusti Rustiawan Didepak dari Skuat PSMS, Manajemen: Dia Gak Masuk Skema

Baca juga: HASIL Akhir Madura United vs PSS Sleman, Laskar Sape Kerrab Lakoni Come Back Berkat Gol Xavier

"Apalagi di PON Sumut-Aceh nanti, cabor kickboxing dilangsungkan di daerah ini. Artinya kesempatan untuk meraih prestasi terbaik sangat terbuka lebar. Namun untuk mendapatkannya harus ada keseriusan dalam melakukan pembinaan atlet, sehingga saat bertarung nanti memiliki motivasi tinggi," ujarnya.

Apalagi, masih dikatakan Sadarmawati, Sumut bisa meraih dua medali emas lewat Kejurnas. Makanya, keberhasilan itu dapat dijadikan cambuk bagi atlet untuk lebih meningkatkan kualitas.

Menurut wanita yang akrab disapa Icen ini, ada beberapa nomor penting dalam cabor kickboxing yang menjadi andalan Provinsi Sumut untuk mengalahkan kekuatan lawan yang patut diantisipasi seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, dan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Dikatakan Icen, untuk cabor kickboxing Sumut sudah memiliki nomor pertandingan seperti Qiwa, Lucky, Full Contack, Katami dan Musical Form. Artinya, sambungnya, KBI Sumut siap menjadi kekuatan baru dari PON 2024 nanti dari total 19 provinsi.

"Dan pada bulan kemarin, KBI Sumut juga berhasil meraih medali emas pada kejuaraan yang dilangsungkan secara virtual lewat nomor, Musical Form (Seni) dan kalau di wushunya adalah, Taulo," tutur Icen.

Mengenai degradasi dan promosi, Sadarmawati mengatakan sesuai program KONI Sumut, pihaknya sangat setuju dan siap melaksanakannya. Sebab, sambungnya, dengan sistem itu, akan menjadikan atlet lebih termotivasi untuk berlatih.

Gideon Manurung (empat dari kiri) atlet Kickboxing Sumut dan MMA Pride saat berfoto bersama dengan tim di tempat Papua Top Team, Jakarta.
Gideon Manurung (empat dari kiri) atlet Kickboxing Sumut dan MMA Pride saat berfoto bersama dengan tim di tempat Papua Top Team, Jakarta. ((Doc. Gideon))

"Saat ini saja KBI Sumut memiliki beberapa tingkatan atlet, baik yang junior maupun senior. Jadi dengan adanya sistem dari KONI Sumut tersebut, wajib untuk dilaksanakan demi menghasilkan atlet kick boxing handal yang dapat diterjunkan pada PON XXI 2024," harapnya.

Untuk sosialisasi, untuk di Kota Medan yang menjadikan cabor kickboxing adalah sekolah swasta Imanuel ditambah beberapa kabupaten dan kota seperti di Gunung Sitoli, Nias Selatan dan di beberapa kabupaten kota yang lain.

"Yang membuat ketertarikan para siswa maupun anggota klub adalah, disetiap usai pelantikan pengurus, maka seluruh atlet kickboxing harus menampilkan kebolehannya, sehingga tercipta beberapa klub yang menjadikan sebuah gambaran kalau cabor full contack ini memang familiar di tengah-tengah masyarakat. Makanya dengan ketertarikan para kawula muda inilah kita harapkan banyak lahirnya atlet kickboxing di Sumut ke depan," ujarnya.(akb/tribun-medan.com)

TRIBUN MEDAN / SOFYAN AKBAR
LATIHAN - Sekretaris Kickboxing Sumut, Sadarmawati Simbolon saat berfoto bersama atlet kickboxing pascalatihan untuk persiapan PON Aceh-Sumut 2024.

Penulis: Sofyan akbar
Editor: Tommy Simatupang
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved