Breaking News:

Setelah Ditertibkan, Gedung Eks Portibi Justru Diberi Izin Mantu Presiden Melanjutkan Pembangunan

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution kini memberi izin melanjutkan pembangunan gedung eks Portibi

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Satpol PP Medan dengan menggunakan alat berat merobohkan bangunan eks Harian Portibi di Jalan Ahmad Yani VII, Medan, Kamis (4/3/2021). Bangunan yang terletak di kawasan cagar budaya tersebut dirobohkan karena melanggar izin mendirikan bangunan (IMB). 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN-Pemerintah Kota Medan sebelumnya menghancurkan gedung eks Harian Portibi yang ada di Jalan Ahmad Yani VII, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan barat, karena dianggap merusak cagar budaya.

Belakangan, setelah gedung tersebut dihancurkan, kini Wali Kota Medan Muhammad Bobby Nasution justru memberi izin pemilik bangunan untuk melanjutkan proses pembangunan.  

"Kalau untuk bangunan eks Harian Portibi ini hari sudah masuk perijinannya. Saya sampaikan kemarin, mereka harus mengurus izin, dengan catatan kita beri kemudahan kepada mereka," kata Bobby usai menghadiri Paripurna penyampaian hasil reses DPRD Medan tahun 2021 di sekretariat DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: 10 Tahun Tak Tersentuh Pembangunan, Akhirnya Bobby Nasution Tinjau Jembatan Rusak di Medan Maimun

Dikatakannya, pemilik bangunan tersebut juga telah meminta kepada Pemerintah Kota Medan untuk dapat membantu mereka dalam mengurus perizinan.

"Pemilik bangunannya itu sekarang meminta kita Pemko itu juga membantu mereka," tuturnya.

Alasan pemilik bangunan meminta Pemerintah Kota Medan untuk membantu dalam hal pengurusan izin yakni sulitnya membangun gedung tersebut ke bentuk semulanya.

Baca juga: Panjat Pagar demi Adang Eksekusi, Caterine Sitorus Teriak Minta Pertolongan Jokowi & Bobby Nasution

"Karena desain yang lama itu mereka gak bisa lagi bangun sembarang-sembarang kan, harus ada patokannya. Bagaimana membangun seperti Heritage kemarin," katanya.

Bobby mengatakan, untuk memastikan agar bangunan eks Harian Portibi tetap memiliki bentuk aslinya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Warisan Sumatra dalam hal pembangunan.

"Ini lagi kita bimbing. Kemarin juga kita sudah komunikasi sama Badan Warisan Sumatera bagaimana bentuk-bentuk bangunan heritagenya. Intinya sudah masuk ijinnya, sedang kita proses," pungkasnya.

Baca juga: Wali Kota Bobby Nasution Beber Penyebab Banjir di Medan dan Langkah Menanganinya

Sebelumnya, Bobby Nasution ketika dikonfirmasi usai mengikuti Rapat Paripurna tentang Promperperda di Gedung DPRD Medan pada Senin (8/3/2021) lalu menegaskan, Pemko Medan memberikan batas waktu dua Minggu kepada pemilik bangunan untuk mengembalikan bentuk semula bangunan dan mengurus SIMB.

“Pemko Medan hari ini sudah melayangkan surat kepada pemilik bangunan dan memberi waktu dua Minggu untuk merubah kembali bangunan seperti bentuk semula. Selain itu, pemilik bangunan juga harus mengurus SIMB dan Pemko Medan akan mempermudah pengurusannya,” jelasnya.

Apabila dalam waktu dua Minggu, pemilik bangun tidak juga mengurus SIMB dan merubah bangunan ke bentuk semula, kata Wali Kota, maka Pemko Medan akan kembali melakukan pembongkaran.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Disabilitas, Bobby Nasution: 78 Ribu Vaksin Tahap Kedua Sudah Disuntikkan

“Bangunan akan dihancur ratakan!” pungkasnya.(cr14/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved