Breaking News:

Human Interest Story

Kisah Inspirasi Milka Manurung, Perempuan Batak yang Berdiri di Atas Kaki Sendiri di Irlandia

Meskipun telah sukses dalam karirnya, ia tetap mengembangkan potensi diri dan menjadi entrepreneur dengan memulai merintis bisnis properti sejak 2014

instagram @milkagray
Milka Manurung Gray 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Milka Manurung Gray, perempuan Batak asal Belawan yang besar di Padangsidimpuan, Sumatra Utara yang kini menetap di negara Irlandia tiba di Indonesia setelah melewati proses panjang.

Ia sempat gagal mudik ke kampung halaman pada 1 Januari 2021 lalu, bahkan setelah tes usap atau swab dan membeli tiket pesawat.

Dari Tapanuli Selatan, ia mencoba peruntungan dengan berangkat ke Bulgaria, New Zealand, Turki, dan kini menetap di Irlandia dan telah melewati masa sulit dalam hidupnya.

Dan kini, ia berhasil menjadi sosok inspirasi bagi kaum perempuan.

Saat berbincang-bincang dengan Tribun Medan, ia yang kini bekerja di Dinas Pariwisata Irlandia, mengaku sempat tidak bekerja selama 10 bulan setelah wisuda dari satu di antara universitas di Jakarta.

"Setelah aku lulus kuliah, karena enggak mau di sini (Indonesia), aku coba apply lamaran-lamaran ke perusahaan luar. Alhamdulillah akhirnya diterima," ujarnya saat hadir di Acara Smart Gen Tribun Medan, yang dipandu oleh host Isfan Tubagus dan Kartika Sari, Rabu (24/3/2021).

Baca juga: VIRAL Video Dua Penumpang Wanita Berkelahi di Pesawat, Cekcok dan Saling Dorong Berebut Turun Duluan

Namun perjalanan panjang dan berliku-liku ia lewati, mulai dari pengalaman homesick, terkendala biaya hingga menjual pakaian sepatu dan perlengkapan pribadi untuk membayar deposito sampai mengalami depresi saat dua bulan awal bekerja di New Zealand, hal itu tidak membuatnya menyerah dan pasrah.

Milka bangkit dan berdiri sendiri karena mengingat seorang ibu dengan penuh dukungan saat ia tinggalkan untuk mengejar cita-cita dan membantu ekonomi keluarga di Tapanuli Selatan.

"Karena orangtuaku open minded jadi aku dikasih keluar. Meskipun dalam hati kecilnya, ada perasaan tidak ingin jauh dari seorang putrinya," ungkap Milka.

Bagi Milka, ibunya adalah perempuan hebat yang membesarkan kedua anak seorang diri.

Milka mengingat bagaimana seorang ibu yang menahan tangisan saat mengantarkan putri sulungnya yang berangkat menuju New Zealand.

"Karena dalam suku Batak 'pantang apabila menangisi kepergian seorang anak'," tambahnya.

Beberapa kali pindah negara untuk merintis karirnya, akhirnya Milka mendapat promosi jabatan dan diangkat sebagai manajer di Dinas Pariwisata Irlandia dan bertemu dengan kekasih hati yang kini telah menjadi suaminya, Chris Gray.

Meskipun telah sukses dalam kariernya, ia tetap mengembangkan potensi diri dan menjadi entrepreneur dengan memulai merintis bisnis properti sejak 2014, di mulai dari properti kecil dengan membeli lahan hingga kini berani mencoba properti perumahan di Sumatra Utara.

Baca juga: INILAH Sosok Ahmad Al Aliwi Alissa, Pelaku Penembakan Brutal Tewaskan 10 Orang, Berikut Motifnya

Tidak berhenti begitu saja, Milka juga mencoba hal baru di bidang perkebunan dan pertanian, bahkan memiliki rencana ingin membuka lapangan usaha di Indonesia, tetapi tetap dengan pola pikir (mindset) dari luar negeri yang memberikan profit perusahaan kepada seluruh karyawannya.

Dalam kesempatan ini, Milka juga menceritakan perjalanannya di 36 negara dan lima negara yang paling disukai, yaitu Maroko, Madagaskar, New Zealand, Swiss, dan Iceland.

Sebuah tips yang disampaikan oleh Milka Manurung, bahwa apapun yang sedang dikerjakan harus tetap fokus, meskipun banyak hambatan dan rintangan dalam prosesnya.

Sehingga menjadikan perempuan Indonesia kuat dan berdiri diatas kaki sendiri.(cr9)

Wawancara lengkap kisah Milka Manurung akan kami sajikan di rubrik Smart Gen di Facebook dan Youtube Tribun Medan, Minggu (28/3/2021), pukul 17.00 WIB.

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved