Breaking News:

KONI Medan Targetkan Kirim 1.000 Atlet Pada PON 2024, Incar Medali Emas di Cabang Bela Diri

Eddy membeberkan bahwa dari 1000 atlet yang akan diturunkam, pihaknya optimis cabang olahraga bela diri bisa mendapatkan peluang medali.

Tribun Medan/Victory
Ketua KONI Kota Medan, Eddy H Sibarani saat memberikan statement di Garuda Plaza Hotel Medan, Rabu (24/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Medan menargetkan sumbangkan 1000 atlet terbaik untuk kontingen Sumut pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional 2024 Sumut-Aceh.

Ketua KONI Kota Medan, Eddy H Sibarani menyebutkan bahwa atlet Kota Medan selalu menyumbangkan hingga 70 persen pada kontingen Provinsi Sumut pada PON sebelumnya.  

“Program untuk PON 2024 kita lebih intensif lagi, bahwa dari nomor lomba yang ada total ada 1600 atlet Sumut yang berlaga di PON. Kalau kita ambil rata-rata itu 70 persen atlet itu berasal dari Kota Medan bisa sumbangkan 1000 orang atlet untuk mendukung Sumut,” ungkapnya saat konfrensi pers di Garuda Plaza Hotel Medan, Rabu (24/3/2021).

Eddy membeberkan bahwa dari 1000 atlet yang akan diturunkam, pihaknya optimis cabang olahraga bela diri bisa mendapatkan peluang medali yang lebih besar.

“Cabang olahraga unggulan kita dari total 45 cabang itu. Yang punya kans terbesar adalah bela diri tarunh seperti wushu, karate, tinju, taekwondo dan lain-lain. Disitu kita bisa berpeluang meraih medali emas pada PON 2024,” bebernya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa KONI Kota Medan selalu berkontribusi memberikan medali terbanyak untuk kontingen Provinsi Sumut. 

Eddy memberikan contoh pada Pekan Olahraga Nasional 2016 Jawa Barat dimana dari total 16 medali emas yang berhasil diperoleh kontingen Sumut, Kota Medan berhasil menyumbang 9 diantaranya.

"Kita juga siapkan atlet dengan latihan intensif fisik dan kesehatan serta mengikuti kegiatan kejuaraan sesuai protokol kesehatan Covid19,” jelasnya.

Ia menerangkan saat ini total ada 43 ribu atlet yang sedang dibina menuju perhelatan PON 2024.

“Atlet kita yang saat ini bina ada 43 ribu atlet di Kota Medan dengan 300 ribu pelatih dan 800 wasit/juri. Saat ini pembinaan terpusat ada 600 oranh atlet untuk tingkat internasional dan 400 atlet lapisan dua,” tambahnya.

Terakhir, Eddy membeberkan selain atlet, pihaknya juga tengah mempersiapkan penataran para pelatih.

“Termasuk penataran pelatih, kita berikan pelatihan untuk di tingkat nasional dan tambahan KONI Kota Medan memberikan penghargaan bagi atlet berprestasi dan pelatih dan jaminan kesehatan,” pungkas Eddy.

(vic/tribunmedan.com)

Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved