Breaking News:

Samosir Makin Sering Diguncang Gempa Bumi, Hari Ini Sudah Terjadi 4 Kali, Begini Penjelasan BMKG

Empat kali gempa secara berturut-turut mengguncang kawasan Samosir dalam waktu yang berdekatan.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Juang Naibaho
bmkg
Lokasi gempa di Samosir 

TRIBUN-MEDAN.com, PANGURURAN - Empat kali gempa secara berturut-turut mengguncang kawasan Samosir dalam waktu yang berdekatan.

Terkait hal ini, warga sekitar Samosir Enos Sinaga (37) dan Fernando Silalahi menuturkan bahwa gempa tersebut terasa yang membuatnya terbangun dari tidur.

"Gempa itu terasa, memang tidak terlalu besar. Agak mirip dengan gempa yang sebelumnya. Waktu nonton sambil baring, aku langsung terbangun dan yakinkan bahwa itu gempa. Ada beberapa kali memang," ujar Fernando Silalahi, Kamis (25/3/2021).

Akibat gempa tersebut, ia pun langsung mengamankan diri dan turut merasakan goyangan gempa tersebut walau dalam waktu singkat.

Lebih lanjut, seorang warga Samosir Enos Sinaga juga menyampaikan rasa khawatirnya lantaran terjadinya gempa beberapa kali dalam waktu berdekatan.

"Minggu lalu, hampir setiap hari ya kan. Dan tadi pagi, memang kita lagi tidur pulas. Aku yakin banyak orang tidak sadar kejadian itu, tapi saya masih kerja waktu itu. Ada beberapa kali lah kejadiannya. Terasa memang," sambung Enos Sinaga.

Dari laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, ada empat kali gempa bumi terjadi di kawasan Samosir pada waktu yang berdekatan.

"Gempabumi dengan Magnitudo: 2.6 SR, pada tanggal 25 Maret 2021 yang terjadi pada pukul 01:21:58 WIB. Lokasi gempa berada pada 2.50 LU,98.80 BT atau 17 kilometer di Tenggara Samosir dengan kedalaman 1 kilometer," ujar pihak BMKG dalam paparan gambar yang diterima Tribunmedan.id pada Kamis (25/3/2021).

Sebelumnya, telah terjadi tiga gempa yang berdekatan dari sisi waktu dan jarak.

"Info gempa dengan Magnitudo 1.8 SR, pada tanggal 25 Maret 2021 pukul 01:20:10 WIB. Lokasi terjadi pada 2.48 LU,98.87 BT atau 19 kilometer Barat Laut Toba Samosir dengan kedalaman 2 kilometer," sambungnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved