Breaking News:

Tiga Daerah Bakal Gelar PSU, Bawaslu Sumut Ingin Aktifkan Sentra Gakkumdu

Bawaslu Sumatera Utara ingin mengaktifkan kembali Sentra Gakkumdu di tiga daerah di Sumut yang akan melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU)

Liska / Tribun Medan
Ketua Bawaslu Sumut Syafrida Rasahan 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara ingin mengaktifkan kembali Sentra Gakkumdu di tiga daerah di Sumut yang akan melaksanakan pemungutan suara ulang ( PSU).

Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida Rasahan mengatakan, bahwa pelaksanaan PSU berpotensi terjadi praktik politik uang maupun kegiatan kampanye terselubung.

Meski MK memutuskan pelaksanaan PSU, tetapi saat ini sedang terjadi status quo karena saat ini tidak ada tahapan sosialisasi atau kampanye.

"Saya sudah membaca ini ada status quo karena tidak ada tahapan apapun. Sentra Gakkumdu juga sudah berakhir," kata Syafrida, Kamis (25/3/2021).

Maka dinilai perlu melakukan pencegahan, serta penindakan terhadap pelanggaran.

Sehingga keberadaan Sentra Gakkumdu penting untuk bisa menegakkan hukum atas adanya pelanggaran yang terjadi di dalam PSU.

"Ini jadi PR kami, dan kami sedang menunggu petunjuk Bawaslu RI terutama pengaktifan kembali sentra Gakkumdu. Jadi kalau ada kasus politik uang bisa langsung ditindaklanjuti, kampanye terselubung bisa kita tangani karena ini nanti bisa jadi masalah baru," sebutnya.

Di samping juga, koordinasi dengan Bawaslu RI untuk menanyakan soal perekrutan penyelenggara adhoc yang baru atau tetap melibatkan penyelenggara adhoc yang lama.

Pasalnya, putusan MK juga memerintahkan agar KPU saat melaksanakan PSU menggunakan petugas PPK dan KPPS yang baru dari Pilkada Serentak 2020 lalu.

"Kami sedang identifikasi jajaran penyelenggara adhoc apakah ada yang diberikan sanksi kode etik oleh Bawaslu kabupaten/kota, itu jadi pertimbangan apakah bisa bertugas kembali atau tidak. Ini masih kita siapkan," ujarnya.

Diketahui berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) ada tiga daerah yang diminta untuk melaksanakan PSU yakni, Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan Mandailingnatal (Madina).

Di Labuhanbatu PSU akan dilakukan di 9 TPS, Labusel 16 TPS, dan Madina di 3 TPS.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved