Breaking News:

Diduga Danai Kegiatan Terorisme, Polres Asahan Amankan 3 Kotak Amal Laz Aba

Polres Asahan mengamankan tiga kotak amal di tiga tempat berbeda. Kotak amal tersebut disinyalir ada kaitan dengan pendanaan kegiatan terorisme.

TRIBUN MEDAN/ALIF ALQADRI HARAHAP
Seorang tim Jatanras Polres Asahan mengamankan kotak amal berlabel Laz Aba dari sebuah rumah makan di Kisaran / Kotak amal Laz Aba yang diduga untuk mendanai kegiatan terorisme diamankan oleh tim Jatanras Polres Asahan. 

TRIBUN-MEDAN.com, ASAHAN - Polres Asahan mengamankan tiga kotak amal di tiga tempat berbeda. Kotak amal tersebut disinyalir ada kaitan dengan pendanaan kegiatan terorisme.

Informasi yang dihimpun Tribun-Medan.com, Tim Jatanras Polres Asahan mendatangi tiga lokasi dan menyita kotak amal berlebel Laz Aba (Lembaga Amal Zakat, Abdurrahman bin Auf).

Tiga tempat tersebut terletak di Imam Bakery di Jalan Cokro Aminito, Fhakira Bakery dan Warung Hasturi yang terletak di Jalan Imam Bonjol.

yang diduga menjadi sumber dana kelompok terorisme.

Dari tiga lokasi itu, tim Polres Asahan mengamankan kotak amal yang diletakkan di toko masing-masing satu kotak.

Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto menjelaskan pengamanan ini dilakukan atas kordinasi dengan tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri dan Polda Sumut.

"Atas arahan Polda Sumut, dan bekerja sama dengan Densus 88, Jatanras Polres Asahan menyita tiga buah kotak amal berlabel Laz Aba," ujar Nugroho, Kamis (25/3/2021) malam.

Lanjutnya, kotak amal tersebut diduga digunakan untuk mendanai jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

"Jadi diduga ini merupakan jaringan Jamaah Islamiyah," ujar Nugroho.

Lanjutnya, dari pengamanan ini ada sangkut pautnya terhadap jaringan teroris yang baru-baru ini diamankan di Sumatera Utara.

Katanya, tiga barang bukti tersebut belum dibuka berapa jumlahnya, dan akan diserahkan ke Polda Sumut untuk ditindaklanjuti.

"Akan diserahkan ke Polda Sumut untuk ditindaklanjuti. Untuk klarifikasi satu pemilik sudah kami lakukan," pungkas Nugroho.

Dari amatan Tribun-medan.com di lapangan, tiga kotak amal itu bertuliskan LAZ ABA.

Dari tiga kotak tersebut terlihat satu masih utuh dengan stiker Laz Aba, satu sudah dirobek, dan satu lagi ditutup dengan stiker lain.

(CR2/TRIBUN-MEDAN.COM)

Penulis: Alif Al Qadri Harahap
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved