Breaking News:

Paket Promo Jaring Wisatawan Lokal, Larangan Mudik Berpengaruh terhadap Bisnis Perhotelan

Kalau semakin banyak divaksin tenaga kerja dari hotel dan restoran otomatis tamu atau pun wisatawan merasa lebih nyaman

Kartika/ Tribun Medan
Pegawai Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel saat menunjukkan salah satu kamar hotel dan beragam fasilitas yang ditawarkan, Jumat (12/3/2021). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Larangan mudik Lebaran resmi diputuskan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy untuk seluruh lapisan mulai dari ASN hingga pegawai swasta. Aturan larangan mudik ini berlaku selama 12 hari, mulai 6-17 Mei 2021.

Tentunya, hal ini akan berpengaruh terhadap bisnis perhotelan lantaran dipastikan arus mudik akan sepi untuk tahun ini.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut, Denny S Wardhana mengungkapkan akan ada penurunan okupansi hotel namun PHRI juga tak punya pilihan lain selain mengikuti kebijakan.

"Ini pasti berpengaruh karena untuk tahun lalu saja kita okupansi hotel menurun. Tapi kan ini peraturan dari pusat, kita hanya mengikuti saja karena kondisi juga masih seperti ini karena kita tidak punya pilihan lain," ungkap Denny, Sabtu (27/3/2021).

Baca juga: Gimana Sih, Turis Asing Boleh Masuk Indonesia, Tapi Mudik Kok Dilarang, Begini Kata Luhut Pandjaitan

Dikatakannya, untuk tahun ini, PHRI Sumut juga belum menentukan target peningkatan okupansi lantaran belum ada kepastian untuk perkembangan bisnis perhotelan.

"Kita belum berani pasang target karena belum ada kepastian kebijakan. Kita terus memantau perkembangan setiap hari. Memang kita targetkan ada peningkatan untuk momen Lebaran walau tak setinggi Tahun Baru," ujarnya.

Untuk mengakali pelarangan ini, Denny menuturkan bahwa PHRI akan buat strategi untuk penarikan wisatawan lokal dengan menawarkan paket-paket promo.

"Kita mungkin akan menyasar warga lokal untuk mengisi target dengan menawarkan promo-promo menarik agar menarik masyarakat untuk menginap. Karena untuk keluar juga tidak bisa kan," tuturnya.

Target wisatawan lokal ternyata juga telah disasar oleh Santika Premiere Dyandra Hotel Medan dengan memberikan promo-promo menarik.

Public Relation Manager Hotel Santika Medan Herry Wahyudi mengungkapkan bahwa pelarangan mudik 2021 tentu akan memberikan pengaruh terhadap okupansi hotel yang biasanya selalu ramai mulai Ramadan hingga Lebaran.

Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved