Breaking News:

Hadiri FSQ ke-43, Bupati Ashari: Banyak Musik Modern Tak Sesuai Kepribadian Bangsa

Bupati Ashari meminta semua masyarakat Deli Serdang untuk senantiasa meningkatkan mutu sekaligus melestarikan seni kasidah.

DOK. Humas Pemkab Deli Serdang
Pemukulan rebana oleh Bupati Ashari Tambunan dan Wakil Bupati Ali Yusuf Siregar menandai pembukaan Festival Seni Qasidah (FSQ) Deli Serdang yang diselenggarakan mulai Jumat (26/3/2021) hingga Selasa (30/3/2021) di Pusat Promosi dan Produk Unggulan Daerah (PU3D) Tanjung Morawa. 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengatakan, Deli Serdang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjunjung tinggi nilai budaya.

Salah satu budaya itu, kata dia, adalah seni kasidah. Menurutnya, seni ini dapat dijadikan sebagai langkah nyata untuk melestarikan nilai-nilai budaya religius Islam.

“Terlebih di era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya (kemunculan) banyak musik modern yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan akhlak,” kata Ashari dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/3/2021).

Untuk itu, ia meminta semua masyarakat Deli Serdang untuk senantiasa meningkatkan mutu sekaligus melestarikan seni kasidah.

Baca juga: Wabup Ali Sebut Verifikasi Evaluasi untuk APE Deli Serdang Telah Sesuai dengan Peraturan

Hal tersebut disampaikan Ashari saat menghadiri Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-43 Tahun 2021. Acara ini dibuka langsung oleh Ashari dan Wakil Bupati Deli Serdang Ali Yusuf Siregar, di Pusat Promosi dan Produk Unggulan Daerah (PU3D) Kabupaten Deli Serdang, Tanjung Morawa, Jumat (26/3/2021).

Turut hadir mendampingi Ashari dan Ali, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Deli Serdang Wastianna Harahap dan Ismayadi, Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sri Pepeni Yusuf Siregar, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Herawati Darwin Zein.

Selain itu, hadir pula perwakilan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), staf ahli, asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, Ketua Dewan Juri FSQ Rita Nurai, Ketua Harian Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Deli Serdang Alpin Hasibuan, tokoh masyarakat, serta organisasi kemasyarakatan (ormas) pemuda dan Islam.

Dalam sambutan itu, Ashari tak lupa mengapresiasi kegiatan FSQ Deli Serdang. Menurutnya, acara ini menjadi media bagi generasi muda untuk menggali dan memahami nilai-nilai dan budaya reiligius Islam.

Baca juga: GBGM Deli Serdang Targetkan Bedah 248 Rumah Warga Tak Layak Huni

“Sekaligus menjadi ajang pembinaan bagi masyarakat untuk menempatkan seni kasidah sebagai lagu dan syair Islami. Makna-maknanya dapat menjadi dakwah dan nasihat yang baik sesuai ajaran Islam,” paparnya.

Dalam sambutan itu, Ashari juga mengucapkan selamat kepada para peserta FSQ. Ia meminta semua peserta untuk menampilkan kemampuan terbaik.

Halaman
12
Penulis: Amalia Purnama Sari (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved