Breaking News:

Tindaklanjuti Putusan MK, Pemungutan Suara Ulang Tiga Kabupaten di Sumut Digelar 24 April 2021

Diketahui, MK dalam putusannya pada 22 Maret pekan lalu, memerintahkan kepada KPU kabupaten di tiga daerah tersebut untuk melakukan PSU.

TRIBUN Medan /Liska Rahayu
Ilustrasi Rekapitulasi Pilkada 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan Mandailingnatal (Madina) akan berlangsung pada 24 April 2021 mendatang.

PSU tersebut menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas perkara perselisihan hasil Pilkada di tiga kabupaten tersebut.

Di Labuhanbatu PSU harus dilakukan di 9 TPS, di Labusel 13 TPS dan Madina di 3 TPS.

"Ya, tanggal 24 April 2021," kata komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, Senin (29/3/2021)

Diketahui, MK dalam putusannya pada 22 Maret pekan lalu, memerintahkan kepada KPU kabupaten di tiga daerah tersebut untuk melakukan PSU.

Dan PSU harus dilaksanakan paling lama 30 hari kerja pascaputusan MK.

Kemudian Benget mengatakan, bahwa KPU di tiga kabupaten itu harus segera melaksanakan tahapan sebelum PSU, yakni menyiapkan logistik dan melakukan pencermatan kembali data pemilih di TPS-TPS yang melaksanakan PSU.

Lalu turut dilakukan kembali rekrutmen petugas adhoc untuk melaksanakan PSU sesuai putusan MK. Menyosialisasikan PSU kepada masyarakat.

Berkordinasi dengan para stakeholder, yakni pemerintah dan aparat keamanan, serta menyampaikan form pemberitahuan memilih kepada para pemilih sebelum hari H.

"KPU Sumut juga sudah lakukan supervisi, dan tentu nantinya akan memonitor dan melakukan supervisi terus tahapan pelaksanaan PSU-nya," ungkapnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved