Breaking News:

Mudah Bayar PBB Hingga Beli Pulsa dengan Fitur GoTagihan dari GoPay

Bekerja sama dengan Bank Sumut, masyarakat bisa melakukan pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dengan menggunakan GoPay.

Tribun Medan/Septrina Ayu Simanjorang
Pimpinan Bidang Pengembangan Produk Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut Hendy Arief, Kabid PBB dan BPHTB Kota Medan Ahmad Untung Lubis, dan Regional Corporate Affairs Strategic Lead Gojek Indonesia Dian Lumbantoruan dalam Ngopi Sore dengan tema Kemudahan Transaksi Digital dalam Pembayaran Retribusi dan Pajak Daerah serta Transaksi Finansial Lainnya yang diselenggarakan dari studio Tribun Medan, Selasa (30/3/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Masyarakat Sumatera Utara kini semakin dimudahkan dalam pembayaran pajak daerah serta transaksi finansial lainnya melalui fitur GoTagihan dari Gojek.

Bekerja sama dengan Bank Sumut, masyarakat bisa melakukan pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dengan menggunakan GoPay. Sebagai bagian dari ekosistem Gojek, GoPay memiliki misi membantu keluarga di Indonesia memiliki akses untuk berbagai layanan dan produk jasa keuangan.

GoPay menghadirkan kemudahan pembayaran non tunai untuk banyak aktivitas ekonomi termasuk membayar pajak. Hal ini juga sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi untuk memaksimalkan transaksi non tunai termasuk dalam transaksi keuangan pemerintah.

Kerja sama GoPay dengan Bank Sumut yg dirintis tahun 2019 ini merupakan kerja sama yang pertama antara Gojek dengan bank daerah (BPD) di Pulau Sumatra. Di sisi lain Bank Sumut yang sudah terkoneksi dengan sejumlah kabupaten kota di Sumut membuat pengguna bisa langsung membayar tagihan PBB nya melalui GoPay. 

"Ini sebuah kerja sama yang kami banggakan. Melalui kerja sama ini masyarakat semakin dimudahkan dalam melakukan transaksi digital. Jadi misalnya ada nasabah yang memiliki tanah di beberapa kabupaten kota, kalau dibayar ke masing masing kabupaten kota kan ribet. Dengan GoPay transaksi bisa langsung dilakukan kapan saja dan dimana saja," kata Regional Corporate Affairs Strategic Lead Gojek Indonesia Dian Lumbantoruan. 

Hal tersebut diungkapkannya dalam Ngopi Sore dengan tema Kemudahan Transaksi Digital dalam Pembayaran Retribusi dan Pajak Daerah serta Transaksi Finansial Lainnya yang diselenggarakan dari studio Tribun Medan, Selasa (30/3/2021). Selain Dian, dalam kegiatan ini hadir pula Pimpinan Bidang Pengembangan Produk Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut Hendy Arief dan Kabid PBB dan BPHTB Kota Medan Ahmad Untung Lubis. 

Dian mengatakan sejak pembayaran pajak melalui GoPay ini diluncurkan pada Desember 2019, pengguna Gojek yang memanfaatkan kemudahan ini kian bertambah. Pada 2020 terjadi kenaikan 10 kali lipat pembayaran PBB melalui GoPay dan Bank Sumut.  

Selain PBB kita juga bisa bayar di GoTagihan lainnya seperti IMB, pajak hotel dan restoran, pajak sarang burung walet, dan lain sebagainya.

Ahmad Untung Lubis mengatakan banyak keuntungan yang didapatkan oleh masyarakat yang melakukan pembayaran pajak melalui GoTagihan diantara lebih mudah, cepat, dan akurat. Pembayaran pajak secara digital juga mendukung PP nomor 21 tahun 2020 tentang pembatasan sosial selama masa darurat bencana Covid-19. 

"Jadi sangat memudahkan masyarakat karena tidak perlu berkumpul atau antre untuk membayar pajak. Melalui GoTagihan bisa dilakukan dimana saja," katanya. 

Halaman
123
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved