Breaking News:

Singgung Penyaluran Pupuk di Toba, Bupati Poltak Sitorus Ultimatum Distributor

Mendekati masa tanam padi di sejumlah kawasan di Toba, Bupati Poltak Sitorus mewanti-wanti permainan harga yang diberikan distributor kepada petani

Tribun-Medan.com/MAURITS PARDOSI
Hamparan sawah yang ada di kawasan Toba 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Mendekati masa tanam padi di sejumlah kawasan di Toba, Bupati Poltak Sitorus mewanti-wanti permainan harga yang diberikan distributor kepada para petani.

Ia menyampaikan secara tegas bahwa berkurangnya kucuran pupuk subsidi jangan sampai membebani para petani, secara khusus di masa tanam padi.

“Jangan bermain-main para distributor,” tegas Poltak saat disambangi Tribunmedan.id, Selasa (30/3/2021) di Kantor Bupati.

Ia menguraikan bahwa setelah mendapat informasi dari masyarakat sekaitan harga pupuk, ia telah berbincang dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Dalam perbincangan tersebut, subsidi pupuk kepada para petani mengalami pengurangan dengan alasan pandemi Covid-19.

“Masalah pupuk itu, saya sudah bicara dengan gubernur, ini persoalannya jangan sampai membebani masyarakat. Memang dengan kondisi Covid-19 sekarang, katanya memang dikurangi jatah untuk mendapatkan subsidi,” sambungnya.

Melihat bahwa pengurangan subsidi pupuk akan memengaruhi kinerja para petani dan tentunya menambah beban para petani sebab biaya operasional sudah bertambah dari sebelumnya, Bupati Poltak Sitorus menegaskan supaya penyelewengan saat penyaluran tidak terjadi. Baginya, penyaluran sesuai dengan prosedur akan membantu para petani.

“Tapi walaupun begitu, kita tetap berjuang supaya, terutama kalaupun jatahnya dikurangi, tidak ada penyelewengan dalam penyaluran kepada masyarakat. Nah itu yang kerja keras kita sekarang. Saya sudah panggil semua distributornya, apa persoalannya, apakah masalah distribusi. Sejauh ini mereka mengatakan bukan masalah distribusi,” lanjutnya.

Ia juga menyinggung soal Harga Eceran Tertinggi (HET) masing-masing pupuk yang masuk dalam daftar pupuk subsidi.

Ia menyampaikan bahwa harga setiap jenis pupuk harus sesuai dengan HET yang sudah ditentukan dari pusat.

Halaman
123
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved