Breaking News:

Angin Kencang Terpa Kawasan Toba, BMKG Sampaikan Peringatan Potensi Angin Puting Beliung

Kawasan yang dimaksud adalah Jalinsum yang menghubungkan Kabupaten Toba dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Istimewa
Ilustrasi puting beliung 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE – Masyarakat sekitar alami angin kencang di kawasan Toba sejak kemarin, Selasa (30/3/2021) malam hingga saat ini, Rabu (31/3/2021).

Hal ini membuat sejumlah warga merasa ketakutan akan terjadinya angina puting beliung.

Terkait potensi ini, pihak Badan Meteotologi, Klimatologi dan Geofisika Silangit menyampaikan bahwa adanya potensi angin puting beliung di kawasan Toba pada hari ini, Rabu (31/3/2021).

“Ada potensi untuk terjadi angin puting beliung dan diharapkan warga tetap waspada karna dapat menyebabkan pohon tumbang,” ujar Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Silangit Suyitno Tejo Arianto saat dikonfirmasi Tribunmedan.id pada Rabu (31/3/2021).

Di seputaran Kota Balige, terlihat pepohonan besar diterpa angin kencang yang membuat sejumlah warga takut akan adanya pohon tumbang.

Seorang warga Bob Aritonang (31) yang ingin melintas di kawasan Toba kuatir akan pohon tumbang.

“Ini kan ada banyak pohon yang tumbuh di pinggiran jalan, khususnya Jalan Lintas Sumatera yang masih banyak ditumbuhi pohon pinus. Kita kuatir pohon itu bisa tumbang saat kita melintas. Mulai tadi malam, angin ini terasa, kencang sekali,” ujarnya saat berad di Kota Balige pada Rabu (31/3/2021).

Karena kuatir, ia memutuskan untuk tidak terlalu banyak melintas di arel yang pinggiran jalan ditumbuhi pohon pinus yang telah memiliki tinggi sekitar 10 meter lebih.

Kawasan yang dimaksud adalah Jalinsum yang menghubungkan Kabupaten Toba dan Kabupaten Tapanuli Utara.

“Kan, kalau kita lihat di sepanjang jalan di sini, banyak pohon pinus yang tinggi. Bahkan ada yang tingginya hingga puluhan meterlah. Itu kan berbahaya, jangankan tumbang, rantingnya aja kena ke kita, itu pun dah bisa makan korban,” sambungnya.

Halaman
12
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved