Breaking News:

Danau Toba Diterjang Angin Kencang, Kapal Penyeberangan Berhenti Beroperasi

Lalu lintas penyeberangan kapal motor dan kapal tradisional dari Tigaras, Simalungun, menuju Simanindo, Kabupaten Samosir, dan sebaliknya dibatalkan.

KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ
Ilustrasi kapal yang menyeberang di Danau Toba 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, TIGARAS - Lalu lintas penyeberangan kapal motor dan kapal tradisional dari Tigaras, Simalungun, menuju Simanindo, Kabupaten Samosir, dan sebaliknya dibatalkan.

Adapun penyebabnya adalah angin kencang yang terjadi mulai Rabu (31/3/2021) tengah hari tadi.

Kepala Regu Pelabuhan Tigaras-Simanindo, Charter Panggabean mengatakan, pihaknya mencatat indikator angin kencang menunjukkan ancaman bahaya terhadap kegiatan penyeberangan.

"Untuk hari ini, penyeberangan kapal tradisional diberhentikan total akibat angin kencang dan gelombang tinggi. Tetapi untuk kapal Fery KMP Sumut tadi pagi sempat dioperasikan. Tetapi pukul 13.00 WIB siang pengoperasian kapal fery juga diberhentikan berhubung cuaca tidak mendukung," ujar Charter.

Charter mengatakan, dari pantauan petugas perhubungan di kantor Satpel Tigaras AWS dengan menggunakan alat kecepatan angin, diketahui angin berhembus dengan kecepatan tinggi.

"Alat untuk mengukur kecepatan angin, menunjukan di angka 25 yang berarti kecepatan angin sudah cukup kencang," ujar Charter

Untuk langkah selanjutnya, Charter menjelaskan telah berkordinasi dengan pihak-pihak pengelola kapal fery untuk memberhentikan sementara pengoperasian kapal fery menunggu cuaca normal kembali.

Pelabuhan Tigaras mencatat, akibat angin kencang 2 kapal Fery yang biasa beroperasi di penyeberangan Tigaras-Simanindo dan sebaliknya, lalu 8 kapal tradisional batal menyeberang seperti biasanya.

Charter menyampaikan pihak memohon maaf dengan tidak beraktivitasnya kapal penyeberangan. Namun semua dilakukan mempertimbangkan keselamatan berlayar.

Halaman
123
Penulis: Alija Magribi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved