Breaking News:

Ditinjau Wali Kota Medan, Lokasi Banjir Langsung Dibereskan, Bangunan di Atas Parit Dibongkar

Lokasi banjir di depan Pasar Jahe Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan yang sempat didatangi Bobby langsung dibereskan

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN
Penurunan alat berat untuk normalisasi parit Jalan Jahe Raya Kecamatan Medan Tuntungan. Hal ini terus dilakukan usai instruksi Wali Kota Medan Bobby Nasution beberapa waktu lalu.(TRIBUN MEDAN/RECHTIN) 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN-Satu unit alat berat ekskavator terlihat di Jalan Jahe Raya, di depan Pasar Jahe Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Rabu (31/3/2021).

Lokasi ini merupakan lokasi banjir yang dikunjungi Wali Kota Medan Bobby Nasution pada pekan lalu.

Dari amatan www.tribun-medan.com di lokasi, cover beton yang dibangun warga menutupi permukaan parit langsung dibongkar dengan menggunakan satu unit alat berat.

Pembongkaran itu dilakukan karena cover beton menghambat air masuk ke dalam parit sehingga memicu banjir yang selama ini sering terjadi.

Baca juga: Langganan Banjir Bertahun-tahun, Warga Jalan Bunga Terompet Menanti Gebrakan Bobby Nasution

"Kita sangat mengapresiasi kepada Bapak Wali Kota karena cepat tanggap untuk mengatasi masalah banjir yang terjadi di kawasan ini. Kami sudah lama merasakan banjir setiap hujan deras turun. Dengan gerak cepat ini, semoga banjir dapat diatasi. Apa yang dilakukan Bapak Wali Kota ini sangat mantap," ujar Situa T Sijabat, seorang warga sekitar saat ditemui, Rabu (31/3/2021).

Sijabat menambahkan, selama ini belum ada Wali Kota yang mendatangi kawasan tempat tinggal mereka, terutama saat banjir terjadi. Jika banjir saat musim hujan, katanya, sekitar puluhan rumah terendam.

"Kali ini begitu Bapak Wali Kota menerima laporan kawasan ini banjir, beliau langsung datang bersama Ibu Wali Kota. Ini bukti bahwa beliau bersama ibu sangat peduli dengan warga yang terdampak banjir. Terbukti, besoknya petugas langsung bekerja untuk mengatasi banjir di kawasan ini. Di samping itu, kami warga sekitar bisa mengenal beliau," ungkapnya.

Baca juga: Baru 3 Hari Diresmikan Bobby Nasution, Jalan di Depan Kesawan City Walk Macet Parah

Warga lainnya, Anggi mengatakan, banyaknya rumah warga yang depannya menutupi parit, menjadikan penanganan banjir di Jalan Jahe Raya sulit teratasi.

"Saya tidak tahu apakah ini cara efektif, tapi nanti dilihat waktu hujan. Apakah masih banjir atau enggak. Itu tergantung kemauan kita juga untuk tidak buang sampah di parit," tuturnya.

Anggi berharap, Wali Kota Medan dapat lebih memperhatikan berbagai lokasi di Medan yang terken banjir.

Ia mengatakan, Bobby agar bisa memenuhi janjir termasuk perbaikan infrastruktur dalam waktu dua bulan.

Baca juga: DPRD Medan Sebut Terobosan Bobby Nasution Lewat Kesawan City Walk Bukan Program Baru, Tetapi . .

"Enggak banyak harapannya, kalau bisa ini jalan kami ini bisa bebas banjir. Dan kawasan lainnya di Kota Medan yang rentan banjir dapat diperhatikan," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan, para pekerja masih terus membersihkan sisa tanah dan material hasil pembongkaran tutupan beton.

Satu unit excavator mini terlihat terus melakukan pembersihan dan tanah beserta material langsung ditempatkan ke dalam truk untuk selanjutnya dibuang ke lokasi pembuangan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved