Breaking News:

PLN Sumut Lanjutkan Stimulus Listrik 50 Persen Kuartal II per April-Juni

Tambahnya, Jimmy jika mengatakan bahwa pihak PLN akan terus mendukung dalam penyaluran listrik subsidi kepada masyarakat.

TRIBUN MEDAN/SEPTRIMA
KARYAWAN Sapo Juma sedang mengecek meteran listrik, Kamis (25/2/2021). Bertahun-tahun menjalankan operasional tanpa aliran listrik, kini Sapo Juma sudah dimasuki aliran listrik. 

TRIBUN-MEDAN.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan kembali memberikan stimulus listrik kepada masyarakat yang menerima subsidi yang akan dimulai April-Juni 2021 dengan total anggaran mencapai Rp 2,3 triliun se-Indonesia dengan diskon 50 persen.

Berdasarkan informasi dari Manager Komunikasi PLN UIW Sumut, Jimmy Aritonang menyebutkan pada kuartal pertama dengan diskon 100 persen sebanyak 1.652.631 pengguna.

Adapun untuk golongan tarif R.1/450 VA sebanyak 1.262.767 pengguna, R.1/900 VA sebanyak 377.051 pengguna, B.1/450 VA, dan I.1/450 VA sebanyak 20 pengguna.

"Untuk target yang stimulus 100 persen kita tidak ada target karena memang yang menentukan itu kementerian, kita hanya eksekusi untuk penyalurannya," ungkap Jimmy, Rabu (31/3/2021).

Terkait subsidi tahap kedua ini, Jimmy mengatakan bahwa tidak akan ada perbedaan untuk subsidi stimulus tahap kedua dengan diskon 50 persen. 

"Data itu masih sama karena saat ini semua pada slow ya. Jadi pertumbuhan orang yang memasang baru tidak secara signifikan secara persentasenya. Jadi data 2020 dengan 2021 tidak jauh berbeda," ujarnya.

Untuk diskon kuartal kedua, untuk daya 450 VA (R1,B1,I1) pemakaian KwH yang diberi diskon 50 persen yaitu maksimum nyala 720 jam nyala maksimum, kelebihannya akan dikenakan tarif normal.

Sedangkan untuk daya 900 VA R1 akan tetap mendapat stimulus sebanyak 25 persen yaitu maksimal setara 720 jam nyala hidup.

Jimmy mengatakan bahwa penerima stimulus kuartal I memungkinkan akan mendapatkan kembali selama masih memiliki data tetap.

"Ya benar, selagi warga tidak memiliki perubahan data di Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (NP2K) akan masih mendapat perlakuan yang sama," tuturnya.

Tambahnya, Jimmy jika mengatakan bahwa pihak PLN akan terus mendukung dalam penyaluran listrik subsidi kepada masyarakat.

"PLN pada prinsipnya akan mendukung yang menjadi instruksi dan arahan pemerintah. Untuk kuartal kedua tidak lagi penuh dan hanya mendapat 50 persen yang menyala tidak lebih dari 720 jam menyala," pungkasnya.

Keberlanjutan subsidi ini turut disambut baik oleh masyarakat, diantaranya ada Nursiah, warga Kecamatan Medan Barat yang mengaku terbantu dengan keringanan pembiayaan dari stimulus PLN.

"Senang sekali lah ini dapat stimulus seperti ini. Kita yang kemarin pandemi itu betul-betul kosong pemasukan yang mana mau bayar yang lain. Ya walau ini gak full lagi tapi cukup membantu lah dan semoga kita bisa dapat juga ya," pungkasnya.

(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved