Breaking News:

Umat Katolik Rayakan Tri Hari Paskah, Vikaris Episcopal Pastor Ambrosius Nainggolan Beber Maknanya

Sejak hari ini, Kamis (1/4/2021), umat Katolik di seluruh dunia merayakan Tri Hari Paskah, yang dimulai dengan hari Kamis Putih.

Tribun-Medan.com/MAURITS PARDOSI
Vikaris Episcopal Santo Thomas dan Philiphus Rasul, Pastor Ambrosius Nainggolan saat disambangi di Gereja Katolik Santo Yosef Balige pada Kamis (1/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Sejak hari ini, Kamis (1/4/2021), umat Katolik di seluruh dunia merayakan Tri Hari Paskah, yang dimulai dengan hari Kamis Putih.

Hal ini disampaikan oleh Vikaris Episcopal Santo Thomas dan Philiphus Rasul Pastor Ambrosius Nainggolan saat disambangi di Gereja Santo Yosef Balige.

Ia tengah berada di dalam gereja usai melakukan sebagian dari aktivitas hariannya.

Dalam penuturannya, Tri Hari Paskah atau yang kerap disebut sebagai Tri Hari Suci adalaah perayaan istimewa bagi umat Katolik.

Sehingga, ada sejumlah persiapan yang dilakukan untuk menyambut perayaan ini, misalnya adanya masa pra-Paskah.

Masa pra-Paskah adalah masa yang didedikasikan untuk pertobatan melalui puasa, pantang, mati raga, dan berderma.

Masa Pra-Paskah dimulai dengan adanya perayaan Rabu Abu.

“Harus dikatakan bahwa Tri Hari Paskah atau Tri Hari Suci ini bagi umat Kristiani, secara khusus bagi umat Katolik adalah hari-hari yang sungguh istimewa. Persiapannya lebih istimewa dari hari-hari perayaan yang lain. Karena Tri Hari Paskah ini sudah dipersiapkan dengan masa puasa selama 40 hari yang dimulai dari dari hari Rabu Abu yang lalu,” ujarnya saat tengah berada di Gereja Santo Yosef Balige, Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Warga Medan Kini Bisa Vaksinasi di Mal, Ini Lokasi dan Syaratnya

Baca juga: Kisah Nek Otong saat Lompat dari Lantai Dua Selamatkan Diri dari Kepungan Kobaran Api

“Jadi dengan demikian, Tri Hari Paskah ini menjadi kekuatan bagi umat Kristiani khususnya bagi umat Katolik untuk menimba kembali kekuatan rohani yang dibawakan oleh Yesus Kristus. Secara khusus hal itu dilaksanakan dengan berpuasa, pantang, dan juga dengan beramal kasih kepada satu sama lain,” terangnya.

Lebih lanjut, ia juga menguraikan nama perayaan yang akan diselenggarakan umat Katolik dalam tiga hari ke depan hingga sampai pada hari Minggu (4/4/2021) sebagai Minggu Paskah.

Halaman
12
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved