Breaking News:

Dinas PMD Sergai Angkat Bicara Terkait Kades dan Perangkat Desa Belum Gajian

Dinas PMD Sergai memberi penjelasan terkait sebagian besar Kades dan perangkat desa se-Kabupaten Sergai belum gajian pada saat ini.

HO / Tribun Medan
Pelantikan Kades di Sergai beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) angkat bicara terkait sebagian besar kepala desa (Kades) dan perangkat desa se-Kabupaten Sergai belum gajian pada saat ini.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sergai, Muradi Purba menyebut hingga saat ini baru ada 6 desa yang sudah menerima pencairan ADD.

Sedangkan dalam proses pencairan tercatat 34 desa. Ia menjelaskan, syarat untuk pencairan ADD ataupun DD haruslah selesai dulu APBDes.

"Masalahnya sekarang ini orang desa banyak yang belum menyiapkan berkas. Udah ada yang cair karena APBDesnya sudah selesai, itulah persyaratannya. Dari 237 desa baru 6 cair dan Senin depan mungkin 34 desa lagi akan cair juga," ucap Muradi Purba, Jumat (2/4/2021).

Baca juga: Jokowi Gembar-gembor BBM Satu Harga, TERNYATA di Sumut Harga BBM Naik Mulai 1 April 2021

Baca juga: Beli Ribuan Ayam dari Ahok Tapi Tak Kunjung Dibayar, Haji Ahmad Diadili di PN Medan

Baca juga: Curhat Pedagang Kesawan City Walk, Hampir Satu Minggu Tak Dapat Untung Malah Merugi

Ia menyadari Pemerintah Desa kerap kali komplain adanya usulan-usalan baru yang harus ditampung di anggaran sehingga harus mengubah APBDes yang sudah disusun.

Dalam hal ini, Muradi menyebut ini bukan karena aturan dari PMD namun karena adanya Peraturan Menteri mulai dari Menteri Keuangan, Menteri Desa hingga Menteri Dalam Negeri.

Terkait hal ini ia pun mengakui sudah pernah ditegur oleh Bupati.

"Kami pernah ditanya juga sama Pak Bupati mungkin ada desa yang menyampaikan ke beliau. Kami pakai apa mencairkannya kalau belum lengkap berkasnya. Mengubah (APBDes) memang bikin lambat tapi gimana? Gak sinkron kadang mereka (antar Kementerian). Kita juga kemarin itu Perbup siapnya bulan Februari karenakan terjadi transmisi pimpinan. Intinya kalau APBDesnya sudah siap nggak ada masalah, itu pasti cepat dicairkan," kata Muradi.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved