Breaking News:

Karo Diguncang Gempa 3,4 SR Jumat Dini Hari

"Pas pula si kecil belum tidur, jadi terasa juga tadi malam getarannya. Saya kira goyang biasa tadi malam, rupanya gempa," ungkapnya.

HO / Tribun Medan
Catatan aktivitas gempa yang terjadi di Kabupaten Karo pada Jumat (2/4/2021) malam. 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Kabupaten Karo, diguncang gempa berkekuatan 3,4 Skala Richter (SR) pada Jumat (2/4/2021) dini hari.

Berdasarkan informasi dan data yang didapat dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) regional I Medan, gempa ini terjadi sekira pukul 02.08 WIB.

"Tercatat pada dini hari tadi kawasan Kabupaten Karo diguncang gempa dengan kekuatan 3,4 SR," tulis BMKG di grup Laporan Sinabung.

Berdasarkan catatan dari BMKG regional I Medan, titik atau pusat gempa yang terjadi pada dini hari tadi berada di koordinat 3.12 LU, 98.51 BT, atau dua kilometer arah timur laut Kabupaten Karo.

"Pusat gempa tercatat berada di kedalaman tiga kilometer," ucapnya.

Adanya gempa ini, cukup membuat kaget sebagian warga Kabupaten Karo terlebih yang tinggal di seputar Kecamatan Berastagi dan Kecamatan Kabanjahe.

Pasalnya, berdasarkan informasi yang diterima masyarakat merasakan getaran gempa ini terjadi cukup kuat.

Bahkan, salah satu warga Berastagi Suyato mengaku jika dirinya sempat melihat lampu yang tergantung bergoyang-goyang.

Karena gempa yang terjadi di mana sebagian masyarakat tertidur lelap, dia pun mengira sedang bermimpi. "Saya melihat lampu yang digantung bergoyang," katanya.

Warga lainnya Putra, mengungkapkan jika dirinya juga sempat merasakan getaran dari gempa ini. Dirinya mengatakan, pada malam tadi saat terjadinya gempa dirinya sedang menjaga anaknya yang belum tidur.

"Pas pula si kecil belum tidur, jadi terasa juga tadi malam getarannya. Saya kira goyang biasa tadi malam, rupanya gempa," ungkapnya.

Peristiwa gempa malam tadi sampai saat ini, masih menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Pasalnya, pada malam tadi Gunung Sinabung sempat mengalami dua kali erupsi.

Sehingga, banyak masyarakat yang berasumsi jika gempa yang terjadi pada malam tadi ada kaitannya dengan peningkatan aktivitas vulkanik dari Gunung Sinabung.

(cr4/tribun-medan.com) 

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved