Breaking News:

Pemko Medan Jalin Kerjasama dengan Kampus USU, Buka Jalur Khusus Pemenang MTQ Masuk USU

Ia berharap, Nota Kesepahaman ini juga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Medan seluas-luasnya.

HO / Tribun Medan
Penandatangan nota kesepahaman (MoU) tentang kerjasama antara Pemerintah Kota Medan dan Universitas Sumatra Utara. Satu dari beberapa kerjasama yang disepakati tersebut adalah membuat jalur undangan khusus bagi pemenang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dapat menjadi mahasiswa USU.  

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Rektor Universitas Sumatra Utara (USU) Muryanto Amin menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang kerjasama antara Pemerintah Kota Medan dan USU.

Satu dari beberapa kerjasama yang disepakati tersebut adalah membuat jalur undangan khusus bagi pemenang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dapat menjadi mahasiswa USU.

"Kami nyambut baik tawaran kerja sama berkaitan dengan menerima Juara MTQ Kota Medan menjadi mahasiswa melalui jalur undangan khusus. Nanti akan kita bicarakan teknisnya dalam bentuk perjanjian kerja sama. Karena perjanjian kerja sama ini menjadi dokumen dasar untuk melaksanakan kegiatan,” ujar Muryanto Amin saat penandatanganan nota kesepahaman, Kamis (1/4/2021).  

Muryanto mengatakan, selama ini ada kerja sama antara USU dengan Pemko Medan. Ada yang macet dan akan diteruskan lagi. Sedangkan yang baru akan dibuat perjanjiannya. 

"Dalam beberapa bulan ini juga telah ada pembicaraan dengan Wali Kota untuk membuat kajian pengelolaan sampah terpadu dan pemanfaatan aset-aset di Kota Medan. Diharapkan, hasil kajian ini dapat menjadi dokumen yang nantinya dapat menjadi pertimbangan dalam membuat kebijakan di Kota Medan," katanya.

Di bidang Pendidikan, lanjut Muryanto, USU juga punya program Kampus Mengajar. Mahasiswa dan dosen akan diterjunkan ke SD maupun SMP untuk lebih mengaktifkan konten lokal.

Tujuannya agar siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang kondisi sosial budaya Medan sekaligus memahami program prioritas pembangunan ibu kota Sumatera Utara ini.

Bobby Nasution berterima kasih atas penandatangan Nota Kesepahaman antara Pemko Medan dengan USU ini.

Menurutnya, ini sebuah langkah baik dalam menjalin kerja sama sinergis yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Dengan adanya Nota Kesepahaman ini, Pemko Medan dan USU dapat bersinergi dan saling bantu, untuk kesejahteraan masyarakat,” unjarnya.

Ia berharap, Nota Kesepahaman ini juga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Medan seluas-luasnya.

"Ke depan perencanaan pembangunan harus mempunyai landasan yang lebih jelas lagi. Karena itulah, diperlukan jalinan kerja sama yang sinergis antara Bappeda Medan dengan USU karena harapan tersebut bisa tercapai," katanya.

Kerja sama yang selama ini mungkin telah vakum, lanjut Bobby, harus dievaluasi untuk dihidupkan lagi.

“Kerja sama ini harus memberi efek positif, baik itu kenaikan kinerja juga kenaikan Pendapatan Asli Daerah,” tuturnya.

(cr14/tribun-medan.com)

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved