Breaking News:

Bupati Deli Serdang Sebut Pendataan Keluarga Jadi Dasar Pemerintah Bentuk Kebijakan Pembangunan

Pasalnya, pendataan keluarga adalah faktor penting untuk mengumpulkan dan mengetahui data valid serta akurat dari kondisi masyarakat sebenarnya.

Dok. Humas Pemkab Deli Serdang
Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan saat menerima kehadiran Kader Pendata di rumah dinas (Rumdin) Perkantoran Kabupaten Deli Serdang, Kota Lubuk Pakam, Kamis (1/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengatakan, program Pendataan Keluarga 2021 dapat menjadi dasar bagi pemerintah untuk melakukan kebijakan melalui berbagai rencana program kerja.

Pasalnya, pendataan keluarga merupakan faktor penting untuk mengumpulkan dan mengetahui data valid serta akurat dari kondisi masyarakat sebenarnya.

“Tanpa dukungan data yang valid dan akurat, maka hasilnya tidak sebaik yang diharapkan. Sebaliknya, dengan tersedianya data masyarakat Deli Serdang, pemerintah bisa merancang program yang lebih baik. Hasilnya pun tentu untuk kebaikan masyarakat itu sendiri,” katanya dalam keterangan tertulis yang Tribun Medan terima, Sabtu.

Guna menyukseskan program nasional tersebut, Ashari mengajak seluruh elemen masyarakat serta jajaran pemerintahan, mulai dari kabupaten, kecamatan, desa, dan kelurahan ikut andil dalam Pendataan Keluarga 2021.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat menerima kehadiran Kader Pendata di rumah dinas (Rumdin) Perkantoran Kabupaten Deli Serdang, Kota Lubuk Pakam, Kamis (1/4/2021).

Dalam kunjungan itu, turut mendampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) pengendalian penduduk keluarga berencana pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (P2KBP3A) Deli Serdang Miska Gewasari.

Ashari menjelaskan, meski pendataan keluarga merupakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, program ini turut membantu pihaknya dalam menetapkan kebijakan pembangunan.

Menurutnya, dengan data valid dan akurat, maka kebijakan program pembangunan di Kabupaten Deli Serdang akan lebih terarah guna menyejahterakan masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi pembangunan Deli Serdang, yakni maju dan sejahtera dengan masyarakat yang religius, serta rukun dalam kebhinekaan.

 “Hasil dari pendataan itu akan terkumpul data valid dan akurat. Kemudian, berdasarkan data itu pemerintah akan lebih mudah melakukan berbagai kebijakan terkait upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ashari.

Tak hanya itu, lanjut dia, melalui pendataan keluarga pemerintah dapat mengetaui berbagai kondisi masyarakat. Mulai dari kondisi pendidikan anak, kepemilikan dokumen penting, seperti kartu tanda penduduk (KTP), termasuk faktor penyebab tidak memiliki dokumen tersebut.

Halaman
123
Penulis: Dwi Nur Hayati (CM)
Editor: Anissa Dea Widiarini (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved