Breaking News:

Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mendukung Program USU Menuju World Class University

Selain itu dosen juga diperbolehkan untuk bekerja di industri untuk menambah kemampuan, pengalaman dan kompetensinya.

T R I B U N-MEDAN.com/Chandra Simarmata
Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), Nadiem Makarim, mengeluarkan lima Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) mengenai landasan penerapan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menyikapi hal tersebut Universitas Sumatera Utara (USU) mulai menyusun draft Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebagai rencana tindak lanjut. 

Proses penyusunan buku panduan telah berjalan selama tiga bulan secara bertingkat dan diharapkan dapat berjalan dengan cepat dan selesai sebelum dimulainya pembelajaran di semester ganjil tahun akademik 2021/2022. 

"Sampai saat ini beberapa hal yang akan disiapkan oleh USU dalam kaitan pelaksanaan MBKM tersebut adalah Kompetisi program Slstudi (Prodi), Dekonstruksi kurikulum, Perluasan mitra program magang, Penyiapan 10 prodi yang akan menjadi pilot project, Pendampingan dalam dekonstruksi kurikulum dan sebagainya," ungkap Humas USU Amalia Mutia, Sabtu, 3/4/2021.

Bahwa dalam penyusunan panduan MBKM harus memenuhi indikator dari penilaian pemeringkatan universitas dan mendukung program USU menuju world class university.

USU juga menargetkan konsep pembelajaran konvensional harus segera dimodifikasi, khususnya dengan mengundang para ekspert dan praktisi untuk mengajar.

Selain itu dosen juga diperbolehkan untuk bekerja di industri untuk menambah kemampuan, pengalaman dan kompetensinya.

"Sesuai yang di instruksikan Rektor USU Konsep MBKM harus segera dilaksanakan secara terstruktur, sistemik dan masif. Tidak bisa dibiarkan begitu saja. Tidak akan jalan kalau didiamkan," kata Amalia

USU sendiri akan menyiapkan Buku Panduan MBKM sebanyak 8 buku, 10 proposal hibah kurikulum merdeka belajar dari prodi, draft peraturan akademik yang mengadopsi Merdeka Belajar dan implementasi Permata Sari, Sasrabahu, Kampus Mengajar Bangkit dan Merdeka Belajar BI-USU.

"Melalui konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka, diharapkan juga mahasiswa bisa semakin kreatif dan meningkatkan kemampuan diri di dalam kampus dan luar kampus," tutup Amalia.

(cr6/tribun-medan.com)

Penulis: Kristen edi sidauruk
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved