Breaking News:

News Video

Bersih-bersih Jembatan Kebajikan, Bangunan Warisan Tjong Yong Hian yang Mendapat Sertifikat UNESCO

Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) bergotongroyong mengecat dan membersihkan Jembatan Kebajikan yang berstatus Cagar Budaya

TRIBUN-MEDAN.COM - Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) bergotongroyong mengecat dan membersihkan Jembatan Kebajikan yang berstatus Cagar Budaya, Minggu (4/4/2021).

Jembatan Kebajikan berada di Jalan Gajah Mada (dahulu disebut Coen Straat) dan Jalan Zainul Arifin (Calcuta Straat).

Jembatan ini adalah satu-satunya bangunan yang memperoleh sertifikat dari United Nations of Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 2003.

Jembatan Kebajikan ini dibangun pada 1916 untuk mengenang jasa Tjong Yong Hian.

Tempo dahulu Tjong Yong Hian merupakan Mayor Tionghoa atau disebut sebagai pemimpin tertinggi masyarakat Tionghoa di Medan.

Ketua P3KS, Aminurasid mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk merawat situs bersejarah di Kota Medan.

"Kegiatan ini dalam agenda gotong royong, di sekitar lingkungan kita ini ada situs yang memiliki nilai sejarah yang tinggi yakni Jembatan Kebajikan. Jembatan yang diserahkan oleh keluarga Thionghoa yang terkenal di Kota Medan, Tjong Yong Hian," kata Aminurasid kepada www.tribun-medan.com, Minggu (4/4/2021).

Jembatan Kebajikan awalnya bernama Jembaran Chen Tek, bahkan masyarakat setempat kerap menyebut Jembatan Berlian karena dahulunya ada kilauan saat malam hari.

Dikatakan Aminurasid, P3KS juga mengajak berbagai pihak untuk ikut dalam kegiatan pembersihan Jembatan Kebajikan, seperti Cambridge dan pihak kelurahan.

Terpisah, Lurah Petisah Tengah, Juni Hardian, mengaku mendukung kolaborasi yang dilakukan antara P3KS dan pihak manajemen Cambridge serta para Kepling yang ada di Kelurahan Petisah Tengah.

Terlebih, kata Juni, dalam penataan cagar budaya seperti Jembatan Kebajikan menjadi daya tarik tersendiri bagi estetika Kota Medan.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada muda mudi Kampung Sejahtera yaitu P3KS, yang telah mejembatani kegiatan gotong royong bersama pihak Cambridge, untuk melakukan perawatan jembatan kebajikan ini," tutur Juni Hardian.

(cr14/tribun-medan.com)

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Hendrik Naipospos
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved