Breaking News:

News Video

Gelisah Literasi Minim, Anak Muda Sumut Menggagas dan Menggelar "Kita Melapak Lagi"

Terlihat puluhan buku terlentang di atas spanduk. Mulai dari buku bertema politik, mata pelajaran, hingga yang bisa dinikmati anak kecil seperti komik

Gelisah Literasi Minim, Anak Muda Sumut Menggagas dan Menggelar "Kita Melapak Lagi"

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Eibrahim Siringo-ringo merupakan satu diantara lainnya pemuda Sumut yang menggagas gerakan, "Kita Melapak Lagi". Ia mengatakan gerakan ini telah dilaksanakan dua tahun silam dengan tujuan untuk meningkatkan literasi di Sumatra Utara.

"Awalnya aktifitas ini dari gerakan rajin membaca, yang kami adakan setiap hari minggu, lokasinya berada di USU maupun Lapangan Merdeka. Cuman tiga minggu setelah sebelum tahun baru, kita kedatangan teman-teman dari STM, SMA dan pemuda dari Depok," Ujarnya di Lapangan Merdeka, Minggu (4/4/2021).

Semenjak itu, lanjut Eibrahim, nama aktifitasnya gerakannya berubah menjadi Kita Melapak Lagi.

Rangkaian acara yang diadakan setiap hari minggu yaitu, lapak Baca, lapak untuk mengajar anak-anak di sekitar Lapangan Merdeka, lapak cukil, dan setiap pukul 17.00 WIB diadakan pentas seni.

"Khusus mengajar itu lebih ke anak-anak jalanan, baik itu membaca, menulis, mengenal huruf, melukis dan berkarya. Selain itu, setiap dua minggu sekali melaksanakan makanam gratis dan bazar baju gratis, seluruh dananya itu dari kolektif," katanya.

Setiap kamis, Kita Melapak Lagi juga melaksanakan aktifitas bedah film, bedah materi dan bedah buku di beberapa tempat sekitar Kota Medan.

Gerakan ini sangat terbuka untuk masyarakat umum, khususnya bagi mereka yang ingin mengekspresikan karyanya.

Menariknya, seluruh aktifitas yang digelar tak memungut biaya sedikitpun bagi pengunjung. Misalnya lapak cukil, pengunjung dapat mencetak motif baju secara gratis. Bahkan juga dituntun untuk mengetahui cara proses produksi cetak cukil.

Ibrahim mengatakan pemilihan Lapangan Merdeka sebagai lokasi karena dianggap sebagai objek vital Kota Medan. Tempat seluruh kalangan meluangkan waktu liburnya.

Amatan Tribun Medan, antusias masyarakat yang hadir ke Kita Melapak Lagi cukup ramai. Mulai dari kalangan anak kecil, remaja, sampai orang tua.

Terlihat puluhan buku terlentang di atas spanduk. Mulai dari buku bertema politik, mata pelajaran, hingga yang bisa dinikmati anak kecil seperti komik dan majalah.

Sementara itu, ada tempak juga lapak cukil yabg tidak jauh dari lapak baca. Sejumlah orangtua pun melihat proses pembuatan cetak cukil tersebut. Peralatan yang tersedia ada cat, cukil, papan bermotif, dan baju yang sudah dicetak sedang dikeringkan.

Tidak jauh dari lokasi itu juga sekumpulan remaja sedang berkumpul sembari menyanyi dan membacakan puisi. Mereka satu persatu berdiri untuk membacakan karyanya masing-masing.

(cr9/Tribun-Medan.com)

Penulis: Angel aginta sembiring
Editor: heryanto
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved