Breaking News:

Gunung Sinabung 'Batuk' Lagi, Kali Ini Semburkan Debu Setinggi 2000 Meter

Gunung Sinabung di Kabupaten Tanahkaro kembali menyemburkan debu vulkanik dengan ketinggian 2000 meter

Nasrul / Tribun Medan
Visual erupsi Gunung Sinabung yang terjadi pada Senin (15/3/2021). Pada erupsi kali ini, Sinabung mengeluarkan abu vulkanik setinggi 2000 meter.  

TRIBUN-MEDAN.com,KARO-Gunung Sinabung di Kabupaten Tanahkaro kembali menunjukkan peningkatan aktivitas, Minggu (4/4/2021).

Berdasarkan pengamatan tim pantau di Pos Pemantau Gunung Sinabung, gunung api ini kembali 'batuk' sekira pukul 06.56 WIB.

Saat erupsi, Gunung Sinabung menyemburkan debu hingga ketinggian 2000 meter. 

Baca juga: Kabupaten Karo Diguncang Gempa Usai Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali, Begini Penjelasan Pengamat

Menurut petugas di Pos Pemantau Gunung Sinabung Armen Putra, sejauh ini status gunung berapi tersebut berada pada Level III atau siaga. 

"Untuk aktivitas erupsi kali ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 73 mm dan durasi lebih kurang 5 menit 31 detik," kata Armen, Minggu.

Dia mengatakan, karena kondisi Gunung Sinabung kerap berubah-ubah, dirinya kembali mengimbau masyarakat atau wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas di sejumlah desa yang masuk kawasan zona merah.

Semua pengunjung dan wisatawan, diimbau untuk menjauhi kawasan radius 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur, dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

"Kemudian masyarakat juga kami minta untuk mengamankan sarana air bersih, serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," katanya. 

Selain itu, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Editor: Array A Argus
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved