Breaking News:

News Video

Pemerintah Perbaiki Tanggul di Kelurahan Labuhan Deli, Warga Sudah Bisa Tidur Nyenyak

Meskipun perbaikan tanggul belum selesai warga mengaku sedikit tenang dan sudah bisa tidur nyenyak saat hujan datang.

Pemerintah Perbaiki Tanggul di Kelurahan Labuhan Deli, Warga Sudah Bisa Tidur Nyenyak

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kondisi tanggul sungai Deli di Jalan Young Panah Hijau Lingkungan VII, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Medan yang sebelumnya terancam jebol dan membuat warga khawatir, kini sudah diperbaiki pemerintah kota Medan.

Meskipun perbaikan tanggul belum selesai warga mengaku sedikit tenang dan sudah bisa tidur nyenyak saat hujan datang.

"Kalau 2 bulan yang lalu kondisi nya parah sekali. Tanahnya jatuh-jatuh terus, dari bawah sudah banyak terkikis. Apalagi kalau sampan lewat airnya kan goyang, jadi tanahnya juga terbawa. Sebelum diperbaiki, beton dan pohon-pohon dipinggir itu pun jatuh dan ikut terbawa ," ujar Jalal, warga Kelurahan Labuhan Deli Lingkungan VII, Minggu (4/4/2021).

"Kemarin yang kami takutkan itu kalau sudah hujan ataupun air pasang, tidur pun kami tidak nyenyak. Kalau sekarang ini sudah bisalah tidur nyenyak," kata Jalal menambahkan.

Jalal mengapresiasi kerja pemerintah karena cepat dalam menangani tanggul sungai Deli lingkungan VII yang hampir jebol.

"Untunglah cepat diperbaiki pemerintah, kalau terlambat sedikit saja, banjir kemarin pasti jebol lah. Baguslah kerja pemerintah ini, begitu laporan kita masuk sekitar sebulan yang lalu, gubernur langsung datang kesini, dan besoknya langsung mulai diperbaiki," kata Jalal.

Pengerjaan tanggul sungai Deli di Lingkungan VII belum selesai, karena harus menunggu beberapa bahan seperti paku bumi yang kabarnya akan datang dalam minggu ini dari pulau Jawa.

"Tanggul itu belum selesai, masih ditimbun pakai tanah saja untuk sementara sambil menunggu paku bumi dari Jawa. Kabarnya minggu ini paku buminya sudah datang. Begitu datang, pengerjaan yang sempat berhenti langsung dilanjutkan lagi," ujar Azahari Kepala Lingkungan VII Kelurahan Labuhan Deli.

Azahari mengatakan, kondisi tanggul mulai parah sejak 3 bulan yang lalu. Karena semakin rawan, warga yang sebelumnya tinggal di atas tanggul harus pindah ke tempat yang lebih aman.

"Sebenarnya bukan dari sungai depan saja yang bahaya, sungai yang di belakang juga sudah semakin lebar. Jadi kalau air pasang pasti kebanjiran kami dari belakang. Makanya kemarin pembuatan tanggul di belakang ini sudah dibawa ke Musrenbang. Mudah-mudahan cepat dikerjakan pemerintah juga," kata Azahari.

Azahari mengatakan, jika air sungai Deli pasang, mulai dari Lingkungan I sampai Lingkungan XI semuanya kebanjiran. Bahkan banjir di Lingkungan VII bisa mencapai lutut orang dewasa.

(Cr17/tribun-medan.com)

Penulis: Almazmur Siahaan
Editor: heryanto
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved