Breaking News:

Mahasiswa USU juarai Kompetisi Penemuan dan Inovasi di khazakstan saingi As dan China

Lima mahasiswa dari Universitas Sumatera Utara (USU) meraih medali perunggu pada ajang International Project Fair, yang berlangsung di Kazakhstan

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Universitas Sumatera Utara (USU) meraih medali perunggu pada ajang International Project Fair 

Tribun-Medan.com, Medan - Lima mahasiswa dari Universitas Sumatera Utara (USU) meraih medali perunggu pada ajang International Project Fair, yang berlangsung di Kazakhstan, 28-29 Maret 2021. Kelimanya adalah : Billy Affandie Rizal (Sastra Melayu, 2018), Salsabilla Kobis (Farmasi, 2018), Arnita Sari Siagian (Manajemen Sumber Daya Perairan, 2018), Marta Julisa Lubis (Ilmu Hukum, 2018) dan Nafindo Purba (Agribisnis, 2017).

Ajang ini bertujuan untuk menemukan inovasi dan penemuan terbarukan agar dapat dikembangkan dan dipatenkan secara komersial. Dalam kompetisi ini mereka membuat inovasi teknologi penambal ban dari limbah besi dan limbah seterika.

Kompetisi ini diikuti oleh 22 negara dengan jumlah peserta sebanyak 102 peserta dari seluruh dunia. Selain itu, tim ini juga meraih special price.

Billy mengatakan bahwa kelebihan dari inovasi tambal ban mereka adalah lebih efisien sebab arus listrik menjadi lebih cepat dan lebih matang ketika dipadukan dengan seterika, inovasi ini dapat menghemat waktu hingga 10 - 15 menit daripada alat penambal ban biasa.

"Selain itu, kami menggunakan aki bekas sehingga dapat dibawa kemana saja dan dapat diisi ulang. kami berharap dengan adanya inovasi ini dapat membantu para pengusaha tambal ban dan juga meminimalisir banyaknya limbah besi," kata Billy

Billy menambahkan, ini semua tidak lepas dari dukungan pihak kampus terutama ibu Wakil Rektor III Universitas Sumatera Utara Apt. Dr. Poppy Anjelisa Hasibuan, S.Si., M.Si., yang memberikan support moril dan sudah meluangkan waktu di tengah kesibukan beliau untuk bertemu dengan kami dan memberikan saran serta kritik agar karya yang kami buat semakin baik dan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.

Medali emas dan perak sendiri diraih oleh Amerika Serikat dan China dengan inovasi mereka yang lebih baik dan siap pakai, serta persiapan mereka yang memang lebih matang.

"Kompetisi ini memberikan kami banyak pelajaran. Banyak sekali kritik dan saran dari juri dan partisipan yang dapat membantu kami untuk terus berkembang. Apapun itu kami harus tetap semangat untuk menggapai mimpi-mimpi kami. Kamu boleh mematahkan kaki dan tangan ku. Tapi tidak dengan mimpi-mimpi ku.” tutup Billy.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved