Breaking News:

News Video

Samosir Diterpa Gempa 39 Kali Selama Januari-April 2021, BMKG Medan: Karena Penunjangan Lempeng

Analis Pusat Gempa Bumi Regional Satu BMKG Medan Chichi mengungkapkan gempa di Kabupaten Samosir sampai saat ini terjadi sebanyak 39 kali.

Laporan Wartawan Tribun-Medan/Goklas Wisely

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Analis Pusat Gempa Bumi Regional Satu BMKG Medan Chichi mengungkapkan gempa di Kabupaten Samosir sampai saat ini terjadi sebanyak 39 kali.

"Gempa yang ada di sekitar Danau Toba itu dengan magnitudo dari 1,6 - 3,9. Daerah yang banyak terjadi gempa di Palipi, Nainggolan, Onan Runggu," kata Chichi saat diwawancara di Jalan Ngumban Surbakti, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Sumatra Utara, Senin (5/4/2021).

Dia menuturkan dari kekuatan gempa yang terjadi belum berpotensi Tsunami. Pasalnya, Tsunami hanya mungkin terjadi bila berada di generik dengan magnitudo yang besar.

Sementara sampai saat ini gempa yang terjadi di sekitar Danau Toba masih di bawah magnitudo empat.

Sementara itu penyebab gempa kini diketahui karena penunjangan lempeng Indo Australia ke lempeng Eurasia (kawasan Danau Toba) yang relatif diam.

"Efek penunjangan ke sekitar danau Toba, pada ke dalaman tertentu, membuat intrusi magma yang naik ke permukaan dan menghasilkan gempa," ujarnya.

Chichi juga mengungkap gempa serupa pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Namun paling intens terjadi pada Januari sampai April 2021.

Ia pun menghimbau ke masyarakat jangan panik yang berlebihan dan terus memantau informasi dari BMKG. Selain itu, potensi terjadinya gempa ke depannya masih perlu penelitian lebih lanjut.

Sebelumnya diberitakan, sampai Minggu (4/4/2021) malam, tercatat sudah tujuh kali gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

Halaman
12
Penulis: Goklas Wisely
Editor: Bobby Silalahi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved