Breaking News:

Hadiri Webinar IAI, Walkot Bobby Tegaskan Pentingnya Akuntabilitas Penggunaan Anggaran Covid-19

"Penggunaan anggaran penanganan pandemi Covid-19 harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan," tegas Bobby.

DOK. Humas Pemkot Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam webinar bertajuk "Mewujudkan Akuntabilitas Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Penanganan dan Pencegahan Covid-19 yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)" di Gedung Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Medan, Selasa (6/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wali Kota (Walkot) Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan, penanganan pandemi Covid-19, khususnya terkait masalah kesehatan dan pemulihan ekonomi, membutuhkan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran.

"Penggunaan anggaran penanganan pandemi Covid-19 harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan," tegas Bobby.

Hal itu ia sampaikan saat membuka webinar bertajuk "Mewujudkan Akuntabilitas Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Penanganan dan Pencegahan Covid-19 yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)" di Gedung Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Medan, Selasa (6/4/2021).

Selain Bobby, webinar tersebut turut dihadiri Ketua IAI Sumur Erlina, Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan (BPK) Sumut Eydu Oktain Panjaitan, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumut Yono Adi Atmoko, serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wiriya Alrahman.

Baca juga: Gebrakan Bobby Nasution Dipuji Budayawan, Kesawan City Walk Bangkitkan Nilai Sejarah dan Budaya

Webinar yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Sumatera Utara (Sumut) itu juga menekankan pentingnya pendataan dalam penanganan Covid-19.

Melalui pendataan yang baik dan terhubung dengan pemerintah pusat, program penanganan Covid-19, termasuk soal anggaran, dapat dikelola dengan baik.

Pada kesempatan itu, Bobby mengingatkan untuk memenuhi usaha pemulihan ekonomi. Sebab, pandemi Covid-19 menyerang hampir seluruh sendi perekonomian Indonesia.

“Perputaran ekonomi pun terganggu. Ini yang membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Medan mengembalikan besaran nomor pekerja harian lepas (PHL) yang sempat diturunkan," terang Bobby.

Baca juga: Wali Kota Bobby Nasution Tinjau Persiapan Akhir Pelaksanaan Vaksinasi Drive Thru

Selain itu, Bobby juga menyampaikan apresiasi atas kegiatan webinar di Medan. Menurutnya, kegiatan ini merupakan sebuah langkah yang baik untuk pengelolaan anggaran di masa pandemi.

"Untuk itu, saya minta camat maupun pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) mengikuti kegiatan ini dengan serius. Banyak informasi dan pengetahuan yang bisa kita peroleh dari kegiatan ini," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Amalia Purnama Sari (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved