Lantik 4 Kades Antar Waktu, Wabup Deli Serdang: Bekerjalah dengan Keras, Cerdas dan Ikhlas

Wakil Bupati Deli Serdang resmi melantik 4 Kepala Desa baru yang bertugas di Kecamatan Sibolangit dan Kecamatan Percut Sei Tuan.

Dok. Humas Pemkab Deli Serdang
Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang Yusuf Siregar melantik Kepala Desa (Kades) Antar Waktu di Balairung Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, pada Selasa (6/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang Ali Yusuf Siregar meminta Kepala Desa (Kades) Antar Waktu yang baru saja dilantik untuk kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas.

Hal tersebut disampaikan saat melantik empat Kades Antar Waktu di Balairung Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, pada Selasa (6/4/2021).

“Kualitas seorang pemimpin tercermin dalam standar yang mereka tetapkan untuk diri mereka sendiri,” ucap Wabup Yusuf, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Medan pada Selasa.

Hakikatnya, kata dia, seorang Kepala Desa harus memiliki standar yang ditetapkan dirinya, untuk mengemban tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, serta membina dan memberdayakan masyarakat desa.

Baca juga: Korupsi Dana Desa Ratusan Juta, Mantan Kades di Langkat Dituntut 6 Tahun Penjara

Wabub menuturkan, sebagaimana tercantum dalam Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 26 Ayat 1 tentang desa, jabatan kepala desa tidak boleh dibiarkan kosong terlalu lama dan harus segera diisi.

“Untuk itu, hari ini kita melaksanakan pengambilan sumpah atau janji jabatan dan pelantikan empat Kepala Desa Antar Waktu di Kabupaten Deli Serdang”, katanya.

Adapun tiga dari empat Kepala Desa baru yang akan mengemban tugas di Kecamatan Sibolangit adalah Toni Ginting yang bertugas di Desa Buah Nabar, Jois Bangun yang bertugas di Desa Ketangkuhen, dan Darmi Tarigan yang bertugas di Desa Rumah Sumbul.

Kemudian Kepala Desa lain yang baru saja dilantik adalah Asdat Lubis yang akan mengemban tugas di Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan.

Baca juga: Sekdakab Deli Serdang: Perlu Roadmap TPAKD untuk Ekonomi yang Lebih Produktif

Keempat Kades baru tersebut terpilih dalam Pemilihan Antar Waktu (PAW).

Sementara itu, Yusuf Siregar menyampaikan pesan kepada para Kades terpilih untuk selalu bersungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab dalam bertugas.

Dokumentasi Acara Pelantikan Kepala Desa Antar Waktu di Balairung Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, pada Selasa (6/4/2021).
Dokumentasi Acara Pelantikan Kepala Desa Antar Waktu di Balairung Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, pada Selasa (6/4/2021). (Dok. Humas Pemkab Deli Serdang)

“Pahami peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kita tidak ingin ada Kepala Desa di Kabupaten Deli Serdang yang tidak taat dengan aturan,” tegas Yusuf.

Karena itu, lanjut Wabup, ia menghimbau agar Kades baru menghindari perilaku-perilaku yang menyalahi aturan hukum.

Baca juga: Dinas PMD Sergai Angkat Bicara Terkait Kades dan Perangkat Desa Belum Gajian

Ia pun mengingatkan kades, untuk mengelola keuangan desa dengan transparan, akuntabel, partisipatif, tertib, dan disiplin dalam anggaran.

"Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, rajin turun kelapangan, pastikan semua pelayanan, program dan kegiatan, berjalan tepat sasaran,” katanya.

Yusuf ingin agar Kades yang baru menjadi pamong yang memberi rasa aman, nyaman, dan keteduhan kepada seluruh masyarakat di tempat mereka mengemban tugas.

“Karena sesungguhnya, kepala desa itu diibaratkan seorang ayah yang mengayomi anak-anaknya, begitu juga hendaknya yang harus saudara lakukan kepada seluruh masyarakat yang ada di desa saudara-saudara," pintanya.

Baca juga: Berbagi Kasih Sambut Ramadhan⁣, PKK Sumut dan IWABA Gelar Aksi Sosial di Hamparan Perak

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Deli Serdang juga meminta agar para Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa dapat mendampingi, memberi motivasi, dan dukungan kepada Kepala Desa untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Jadilah juga sebagai ibu kepada seluruh masyarakat, yang membutuhkan bimbingan motivasi dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga,” pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved