Breaking News:

Pemko Medan Targetkan Tahun 2021 Banjir di Kelurahan Sempakata Teratasi

Dengan begitu, nantinya sungai-sungai itu dapat menampung air dalam kapasitas yang besar dan tidak meluap lagi.

TRIBUN MEDAN / M FADLI TARADIFA
Kondisi banjir di Jalan Anggrek Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Kota Medan, yang tak kunjung surut pascahujan turun, Selasa (30/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah kota (Pemko) Medan, sebelumnya telah melakukan normalisasi drainase di Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Medan.

Pemko Medan menargetkan tahun 2021 permasalahan banjir yang dialami warga Kelurahan Sempakata selama bertahun-tahun dapat terselesaikan.

"Dalam tahun ini, pihak Balai Jalan Nasional nantinya akan menormalisasi ulang drainase. Jembatan yang menghalangi aliran drainase juga akan dibongkar dan akan mereka perbaiki. Targetnya tahun ini semoga banjir di wilayah Sempakata bisa teratasi," ujar Eno Tarigan, Lurah Sempakata, Selasa (6/4/2021).

"Saat ini wali kota sangat tanggap dan respect. Bahkan ada warga yang pernah menyampaikan permasalahan ini kepada wakil wali kota melalui sosial media, kemudian wakil wali kota langsung memerintahkan PU dan jajarannya untuk mengirimkan alat-alat berat untuk menormalisasi drainase di Jalan Ngumban Surbakti," kata Eno menambahkan.

Eno mengatakan, Kelurahan Sempakata telah melakukan beberapa terobosan dan koordinasi dengan Balai Jalan Nasional, UPT PU, Dinas Lembaga Kota Medan, dan Pemerintah Provinsi untuk mengantisipasi dan mencari solusi dari permasalahan banjir di Kelurahan Sempakata.

"Di wilayah hulu, Medan Tuntungan itu, khususnya Jalan Setia Budi, ada lorong-lorong yang mengarah ke wilayah komplek Pemda. Sehingga air yang cukup besar itu tidak dapat tertampung," kata Eno.

Ia mengatakan, aliran air pada drainase yang ada di Jalan Setia Budi, seharusnya diteruskan ke arah Jalan Flamboyan supaya aliran airnya bisa terpecah. Namun, sampai saat ini hal itu belum terealisasi.

"Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi banjir ini yaitu dengan menembuskan drainase Jalan Ngumban Surbakti ke arah sungai Babura. Karena dibawah Fly Over itu ada Subdrain yang bisa menampung air dan dari situ bisa dialirkan ke arah sungai Babura," ujar Eno.

Lurah Sempakata juga mengharapkan peran dari Balai Wilayah Sungai (BWS) untuk melakukan normalisasi sungai Babura, sungai Selayang dan sungai Batuan karena banyak permukaan air sungai yang sudah menjadi dangkal. 

Dengan begitu, nantinya sungai-sungai itu dapat menampung air dalam kapasitas yang besar dan tidak meluap lagi.

Halaman
12
Penulis: Almazmur Siahaan
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved