Breaking News:

SUDAH tak Takuti Kapal Induk Amerika, Ini Cara Terakhir yang Bikin China Ciut Nyali Invasi Taiwan

Taiwan adalah jangkar First Island Chain, yang diidentifikasi oleh perencana AS sebagai lokasi paling tepat untuk membendung pergerakan AL China.

global times
SUDAH tak Takuti Kapal Induk Amerika, Ini Cara Terakhir yang Bikin China Ciut Nyali Invasi Taiwan. Konvoi kapal induk Liaoning yang dikerahkan ke perairan dekat China 

TRIBUN-MEDAN.COM -  China sudah tidak takut lagi pada Amerika Serikat yang mengerahkan kapal induknya ke Laut China Selatan untuk mendukung sekutunya, Taiwan maupun Filipina.

Jet tempur China rutin menerobos zona identikasi pertahanan Taiwan.

Senin, 5 April 2021, Kementerian Pertahanan Taiwan mengumumkan 8 jet tempur China, pesawat peringatan dini dan pesawat anti-kapal selam, masuk ke zona identikasi pertahanan Taiwan, di mana salah satunya terbang melalui Bashi Channel yang strategis.

Umumnya jet tempur China mendekati Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan.

Sebelummnya China juga mengerahkan konvoi kapal induk Liaoning dalam latihan rutin di dekat Taiwan, Sabtu, 3 April 2021.

Kapal induk Liaoning didampingi kapal perusak Type 055 Nanchang, kapal perusak Type 052D Chengdu dan Taiyuan, fregat Type 054A Huanggang, dan kapal pemasok Type 091 Hulunhu melintasi perairan antara Pulau Okinawa dan Pulau Miyako menuju Samudera Pasifik

Kapten Senior Gao Xiucheng, juru bicara Angkatan Laut PLA, mengatakan, kelompok kapal induk Liaoning melakukan latihan di dekat Taiwan sebagai bagian dari pelatihan rutin yang dijadwalkan setiap tahun.

"Dengan target, meningkatkan kemampuannya untuk menjaga kedaulatan nasional, kepentingan keselamatan dan pembangunan," kata Gao dalam sebuah pernyataan pada Senin (5/4), seperti dikutip Global Times.

"Latihan serupa akan dilakukan secara rutin di masa depan," imbuh dia.

Sejumlah pengamat mengatakan pengerahan konvoi kapal induk Liaoning ke dekat Taiwan merupakan reaksi kehadiran kapal induk Amerika USS Theodore Roosevelt di Laut China Selatan sejak Minggu, 4 April 2021.

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved