Breaking News:

Pastikan Kesiapan Vaksinasi Drive Thru, Wali Kota Boby Tinjau Simulasi Pelaksanaan

Rencananya, vaksinasi drive thru di Kota Medan akan diselenggarakan pada Rabu (7/4/2021).

Dok. Humas Pemkot Medan
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat meninjau langsung proses simulasi vaksinasi drive thru di eks Bandar Udara (Bandara) Polonia Medan, Selasa (6/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution meninjau pelaksanaan simulasi vaksinasi drive thru Covid-19 guna memastikan kesiapan pihaknya dalam menjalankan program tersebut.

Rencananya, vaksinasi drive thru di Kota Medan akan diselenggarakan pada Rabu (7/4/2021). Adapun program ini terlaksana atas kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dengan Halodoc, dan Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo Medan.

"Hari ini, kami lakukan uji coba terlebih dahulu sebelum besok dimulai. Kami mengecek jalur yang akan digunakan masyarakat,” ujarnya, seperti dalam keterangan tertulis yang Tribun Medan terima, Selasa (6/4/2021).

Pernyataan itu Bobby sampaikan saat melihat langsung proses simulasi vaksinasi drive thru. Mulai dari jalur yang akan dilalui oleh masyarakat terdaftar vaksinasi hingga lokasi observasi di eks Bandar Udara (Bandara) Polonia Medan, Selasa.

Turut hadir Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Sosial Khairul Syahnan, Kepala Dinas Kesehatan Edwin Effendi, dan Camat Medan Polonia Amran Sanusi Rambe sebagai pendamping Wali Kota Medan Bobby.

Dalam kesempatan tersebut, Bobby menjelaskan, proses vaksinasi drive thru diawali dengan pendaftaran, kemudian screening kesehatan, penyuntikan vaksin dan observasi.

"Sama seperti proses vaksinasi pada umumnya, masyarakat terlebih dahulu mendaftar, lalu pemeriksaan kesehatan dan tensi, setelah itu kami observasi. Kami juga sudah menyiapkan tempat Intensive Care Unit (ICU) apabila ada masyarakat yang mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI)," jelasnya.

Adapun sasaran vaksinasi drive thru, kata Bobby, akan diprioritaskan kepada masyarakat lanjut usia (lansia) dan pendamping.

Lebih lanjut ia mengatakan, vaksinasi drive thru rencananya akan digelar selama satu bulan dengan target sebanyak 1000 orang per hari.

"Kami targetkan 1000 orang per hari dapat divaksin. Mudah-mudahan target ini bisa tercapai," ucap Bobby.

Meski demikian, ia tidak menampik, program vaksinasi dapat berlangsung berbulan-bulan apabila masyarakat masih ramai dan ketersediaan vaksin masih mencukupi.

Penulis: Dwi Nur Hayati (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved