Breaking News:

Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Ramadan, KPPU Sumut Rapat Koordinasi dengan Pemko Medan

Berdasarkan informasi dari Kepala Perum Bulog Sumut mengungkapkan bahwa saat ini stok cadangan beras di Sumut berada di kisaran 11.484 ton. 

HO / Tribun Medan
KPPU Sumut berkoordinasi dengan Pemko Medan untuk memastikan ketersediaan barang bahan pokok jelang Ramadan, Rabu (7/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com - Dalam upaya menjamin ketersediaan dan stabilisasi harga bahan pangan pokok jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idul Fitri 2021, KPPU bersama Pemerintah Kota Medan melakukan koordinasi dengan mengundang distributor bahan pokok di Kota Medan dalam pertemuan di Gedung Balai Kota Medan, Rabu (7/4/2021).

Dalam pertemuan tersebut dihadiri Wakil Walikota, H. Aulia Rachman, Kepala Kantor Wilayah I, Ramli Simanjuntak, Kepala Perum Bulog Sumut Arif Mandu, Kepala Divisi Kebijakan dan Keuangan, Poltak Sitanggang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir. Emilia Lubis berserta seluruh OPD terkait dan distributor bahan pokok diantaranya daging ayam, beras, minyak goreng, gula dan bawang.

Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman mengungkapkan bahwa pertemuan ini digelar mendapatkan informasi dari berbagai pihak, diantaranya dari distributor bahan pokok untuk kebutuhan Ramadan.

"Pemko Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan akan menyiapkan langkah strategi guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok menghadapi potensi kenaikan permintaan barang kebutuhan pokok menghadapai Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Ramadhan dan Idul Fitri 2021," ungkap Aulia.

Kepala Divisi Kebijakan dan Keuangan, Poltak Sitanggang juga menyampaikan bahwa perlu dilakukan upaya untuk menjaga inflasi kelompok bahan pangan bergejolak (volatile food) dalam kisaran 3,0-5,0 persen.

"Upaya ini dilakukan dengan memperkuat empat pilar strategi yang mencakup Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif (4K)," ujarnya.

Jelang Ramadan, persediaan beras dan kebutuhan pokok yang dinaungi Bulog juga dalam keadaan aman. 

Berdasarkan informasi dari Kepala Perum Bulog Sumut mengungkapkan bahwa saat ini stok cadangan beras di Sumut berada di kisaran 11.484 ton. 

Stok tersebut terdiri dari cadangan beras pemerintah (CBP) dan komersial. Dengan jumlah tersebut, stok beras Sumut menjadi semakin aman khususnya untuk kebutuhan menjelang dan pada Ramadan.

Walau stok aman, Bulog terus berupaya meningkatkan ketersediaan beras itu. Bulog juga semaksimal mungkin membeli beras petani khususnya saat masa panen raya. 

Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved