Breaking News:

Nekat Jadi Kurir Sabu, Warga Jawa Timur Ini Terancam Hukuman Mati di PN Medan

Di lokasi, seseorang yang ditunjuk Pablo menyerahkan dua buah tas berisi sabu. Setelah dihitung, jumlah seluruhnya sebanyak 40 bungkus. 

TRIBUN MEDAN/GITA
Terdakwa Tantra Surya Dewangga alias Narji saat mengikuti sidang secara daring di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (8/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com - Nekat jadi kurir sabu puluhan kilo, Tantra Surya Dewangga alias Narji  jadi pesakitan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (8/4/2021). 

Warga Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim) ini didakwa menjadi kurir narkotika jenis sabu seberat 41.835 gram (41,835 kg) dan diancam dengan Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman maksimal pidana mati.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nurhayati Ulfiah, menjelaskan perkara yang menjerat lelaki 19 tahun itu berawal saat terdakwa Tantra ditawarkan Joni (DPO) untuk menjadi kurir narkotika. 

Terdakwa pun menyanggupinya, namun saat itu Joni rupanya menggunakan nama samaran sebagai Pablo. 

"Pada Jumat tanggal 4 September 2020, terdakwa diperintah Pablo untuk pergi ke Medan. Sesampainya di Medan, terdakwa menuju Hotel Swiss Bell Inn di Jalan Gajah Mada dan bertemu dengan Subiyantoro (DPO) sebagai orang yang akan menemaninya," kata JPU. 

Pada Sabtu 5 September 2020, lanjut Jaksa bahwa terdakwa bersama Subiyantoro menuju halaman masjid di dekat SMA Unggulan CT Foundation Medan, Jalan Veteran Medan. 

Di lokasi, seseorang yang ditunjuk Pablo menyerahkan dua buah tas berisi sabu. Setelah dihitung, jumlah seluruhnya sebanyak 40 bungkus. 

Selanjutnya, terdakwa bersama Subiyantoro pergi membeli sebuah koper warna hitam dan kembali ke penginapan kamar 609. 

Pada tanggal 10 September 2020, Subiyantoro meninggalkan kamar hotel dan tidak kembali lagi sehingga terdakwa merasa was-was. 

"Pada Jumat tanggal 11 September 2020, terdakwa diperintah Pablo untuk menyiapkan 23 bungkus sabu dan memasukkannya ke dalam koper agar dipindahkan ke tempat lain. Lalu,  terdakwa menuju Hotel Cordela dan check in di kamar 209 sambil membawa koper berisi 23 bungkus sabu," lanjut Nurhayati. 

Halaman
12
Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved