Breaking News:

Pemprov Sumut Berencana Bangun Tol Layang Medan-Berastagi Tahun 2022

Bahkan Jalan Tol Medan-Berastagi akan dilengkapi dengan Light Rail Transit (LRT). Posisi LRT akan ditempatkan di tengah jalan tol.

Mustaqim / Tribun Medan
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Forkopimda Sumut memberikan keterangan usai membuka Musrenbang RKPD Pemprov Sumut di Hotel Santika Medan, Kamis (8/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Provinsi Sumatera Utara berencana membangun Jalan Tol Medan-Berastagi.  Diharapkan pembangunan proyek tersebut mulai dapat dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang.

Bahkan Jalan Tol Medan-Berastagi akan dilengkapi dengan Light Rail Transit (LRT). Posisi LRT akan ditempatkan di tengah jalan tol.

Hal itu disampaikan Edy dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Pemprov Sumut yang berlangsung di Hotel Santika Medan, Kamis (8/4/2021).

"Tolnya itu jalan layang. Itu proses. Karena itu melalui hutan lindung. Jadi butuh proses perizinan," sebut mantan Ketua Umum PSSI itu.

Lantaran akan melintasi hutan lindung, maka terlebih dahulu dibutuhkan persetujuan perizinan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI 

"Jadi butuh proses perizinan. Jadi jalan tol yang bisa tembus ke Berastagi," sebutnya.

Ia pun berharap rencana pembangunan tol Medan-Berastagi ini mendapat dukungan penuh dari DPRD Sumut.

Sebab Berastagi dinilai memiliki potensi luar biasa yang dapat mendukung perekonomian Sumut.

Menurut Edy ada tiga alasan, mengapa Pemprov Sumut berminat membangun jalan tol Medan-Berastagi.

"Kenapa saya berbicara Berastagi. Karena Berastagi itu, pertama daerah pertanian, kedua pariwisata dan ketiga peternakan. Dengan kondisi udara dan tanah seperti itu, peternakan ini akan menjanjikan," ungkapnya.

Sementara itu, Musrenbang RKPD Pemprov Sumut ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai 8 April 2020. 

Dalam kegiatan itu hadir Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi Hamdani. Sedangkan Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan pidato secara virtual.

(ind/tribun-medan.com) 

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved