Breaking News:

Wabup Ali Yusuf Siregar Hadiri Pemusnahan Arsip Tidak Terpakai Milik Pemkab Deli Serdang

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar menghadiri acara kegiatan pemusnahan 3.794 berkas arsip milik Pemkab Deli Serdang

Editor: Ismail
Dok. Humas Pemkab Deliserdang
Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar menghadiri acara kegiatan pemusnahan 3.794 berkas arsip milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang yang tidak terpakai. Bertempat di PT. Putraduta Buana Sentosa (Indo Arsip) Jl. Gambir pasar 8, Dusun 6 No. 55, Desa Sei Rotan Kec. Percut Seituan,Rabu (7/4/2021). 

TRIBUNMEDAN.ID - Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar menghadiri acara kegiatan pemusnahan 3.794 berkas arsip milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang yang tidak terpakai. Bertempat di PT. Putraduta Buana Sentosa (Indo Arsip) Jl. Gambir pasar 8, Dusun 6 No. 55, Desa Sei Rotan Kec. Percut Seituan, Rabu (7/4/2021).

Pemusnahan arsip dengan cara memasukkan ke dalam mesin penghancur kertas atau Shredder.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan arsip adalah salah satu sumber informasi yang penting. Pengelolaan arsip penting dilakukan sesuai dengan kaidah dan peraturan perundang-undangan kearsipan.

Hal ini mutlak diperlukan, agar dapat memberi kemanfaatan dan dukungan nyata bagi pelaksanaan reformasi birokrasi khususnya di dalam kemanfaatan pertanggungjawaban kinerja, pelayanan publik, serta penyediaan alat bukti bagi kepentingan lainnya.

Salah satu bentuk pengelolan arsip yang baik dan benar sesuai kaidah peraturan perundang-undangan kearsipan adalah melakukan pemusnahan arsip. Kegiatan ini ialah menghancurkan fisik dan informasi arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna dan melampaui jangka waktu penyimpanan.

Penyusutan arsip dalam bentuk pemusnahan merupakan salah satu cara untuk mengurangi jumlah arsip, sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas dalam rangka kearsipan.

Program pemusnahan ini akan menyelamatkan penyalahgunaan arsip dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun, memusnahkan arsip haruslah dilakukan sesuai dengan kaidah kearsipan dan prosedur/peraturan yang telah ditetapkan, agar hasil pelaksanaan pemusnahan dapat dipertanggungjawabkan.

Hari ini, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melaksanakan pemusnahan arsip. Dimana pemusnahan arsip ini telah melalui beberapa tahapan, hingga arsip dapat dimusnahkan. Kami mengucapkan terima kasih kepada PT. Putraduta Buana Sentosa (Indo Arsip) yang telah bersedia berkerjasama dengan Pemkab Deli Serdang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, atas dilaksanakannya pemusnahan arsip di lingkungan Pemkab Deli Serdang

Semoga pelaksanaan pemusnahan arsip yang kita lakukan ini bermanfaat bagi Pemkab Deli Serdang terutama dalam rangka pengelolaan kearsipan.

Sebelumnya Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deli Serdang Drs.H Misran Sihaloho melaporkan bahwa, berkas yang dimusnahkan dengan retensi dibawah 10 tahun.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved