Breaking News:

Resmikan Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis, Bupati Deli Serdang: Nama Beliau Wajib Diabadikan

Bupati Deli Serdang resmikan nama Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis di Kecamatan Lubuk Pakam.

Dok. Humas Pemerintah Kabupaten Deli Serdang
Dokumentasi peresmian nama Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis di Kecamatan Lubuk Pakam, pada Kamis (8/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengungkapkan, nama Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis wajib dilestarikan dan diabadikan.

Hal tersebut dikatakan Ashari saat meresmikan pemakaian Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis di Kecamatan Lubuk Pakam, pada Kamis (8/4/2021).

Sebagai informasi, Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis yang terletak di Kecamatan Lubuk Pakam tersebut sebelumnya dinamakan Jalan Bakaran Batu.

“Penamaan Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis di salah satu Kota Lubuk Pakam ini sesungguhnya merupakan suatu yang amatlah layak diberikan penghargaan. Peresmian nama jalan ini adalah salah satu wujudnya,” tutur Ashari.

Kegiatan peresmian nama jalan itu, kata dia, tidak hanya sekedar mengabadikan nama Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis, tetapi juga untuk meneruskan perjuangan dan menyebarluaskan pemikirannya.

Baca juga: Pemprov Sumut Setuju Mengusulkan Tuan MH Manullang Jadi Pahlawan Nasional

“Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis juga bukan merupakan orang asing bagi Kabupaten Deli Serdang, karena di akhir hayatnya, (dia) telah mengislamkan ribuan masyarakat Deli Serdang di Tanjung Morawa saat itu,” ucapnya.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Medan pada Jumat (9/4/2021), Bupati Deli Serdang mengajak masyarakat untuk mendoakan agar pemerintah dapat menjadikan  Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis sebagai pahlawan nasional.

“Karena kontribusinya bagi negeri ini tidak hanya sebatas dalam dakwah dan pendidikan tetapi juga dalam perjuangan kemerdekaan melawan Belanda bersama para Ulama”, kata Ashari.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengutarakan keinginannya agar Kabupaten Deli Serdang dapat maju, sejahtera, serta rukun dan religius masyarakatnya.  

Baca juga: Mengenal Kiras Bangun, Si Mata Merah, Pahlawan Nasional Dari Tanah Karo

Menurut Ashari, peresmian nama Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis yang merupakan salah seorang pendiri organisasi Aljam’iyatul Washliyah pada 1930 tersebut adalah sebuah kebahagiaan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang.

Halaman
12
Penulis: Alifia Nuralita Rezqiana (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved