Breaking News:

Pelatihan Soft Skill di UISU, Vice President Pelindo Berikan Tips Hadapi Interview

Puluhan mahasiswa UISU yang saat ini sedang menjalani studi di semester akhir mengikuti kegiatan Pelatihan soft skill untuk memasuki dunia kerja

DOK Humas UISU
Muliawaty SE MM, Vice President Pengembangan Kapabilitas Sumber Daya Manusia PT Pelabuhan Indonesia I memberikan pembekalan tentang Bagaimana Cara Menghadapi Interview yang Baik dan Benar di Auditorium UISU Kamis (8/4/2021). 

TRIBUNMEDAN.ID, MEDAN - Puluhan mahasiswa UISU yang saat ini sedang menjalani studi di semester akhir mengikuti kegiatan Pelatihan soft skill untuk memasuki dunia kerja Kamis (8/4/2021).

Salah satunya tips Bagaimana Cara  Menghadapi Interview yang Baik dan Benar yang disampaikan Muliawaty SE MM, Vice President Pengembangan Kapabilitas Sumber Daya Manusia PT Pelabuhan Indonesia I.

Dalam paparannya kepada mahasiswa, ada beberapa ha yang perlu menjadi fokus perhatian menghadapi interview; Pertama, mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk wawancara kerja; kedua, memahami cara memasarkan diri (Selling Yourself) yang baik saat wawancara; ketiga, mengetahui hal yang perlu dihindari saat wawancara kerja, dan; keempat mengetahui dan memastikan bahwa proses wawancara anda berjalan sukses.

Pada kesempatan itu, mahasiswa UISU juga diingatkan untuk menghindari kesalahan yang sepela dalam kegiatan wawancara.

Kesalahan sepela yang dimaksud diantaranya takut melakukan kontak mata, menjabat tangan lemah (tidak erat) karena itu menunjukkan kepercayaan diri seseraong, tidak tersenyum, postur tubuh pada saat posisi duduk yang tidak tepat, gugup dan minim pengetahuan tentang perusahaan,

Sementara itu, Ketua UPT Ketenagakerjaan UISU, Rosnita  Nasution, SP, SPd dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan pembekalan dan pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan SDM mahasiswa UISU yang akan menyelesaikan studinya agar tidak menglami kesulitan dan diterima di perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan.

“Mahasiswa UISU hebat-hebat dan alumni UISU juga hebat-hebat,”ujar Rosnita yang juga alumni Fakultas Pertanian UISU itu. Rosnita mencontohkan salah satunya adalah Gubernur Sumatera Utara dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang merupakan alumni UISU.

Dijelaskannya, salah satu fungsi kehadiran UPT Ketenagakerjaan yang dipimpinnya di UISU dalam rangka memastikan seluruh mahasiswa UISU yang akan menyelesaikan studinya mampu bersaing dan berkompetisi untuk masuk ke dunia kerja, baik di sektor swasta maupun di istansi pemerintahan.

Sebab itu, pihaknya berharap agar seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembekalan benar-benar fokus mengikuti berbagai materi yang disampaikan narasumber.

Dikatakannya, hal itu sangat penting untuk difahami seluruh mahasiswa UISU yang akan menyelesaikan studinya di UISU.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan pembekalan dan pelatihan softskill siap kerja untuk mahasiswa semester akhir UISU, yakni Pelatihan Membuat Surat Lamaran kerja oleh Dr. Tetty Yuliaty, SE, M.Si, Tips dan Trik Melamar Kerja oleh Tetty MJD Doloksaribu, ST, M.Si serta Bagaimana Cara  Menghadapi Interview yang Baik dan Benar oleh Muliawaty SE MM, Vice President Pengembangan Kapabilitas Sumber Daya Manusia PT Pelabuhan Indonesia I. (***)

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved