Breaking News:

Bupati Dairi Puas dengan Layanan Smart Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) Bank Sumut

Saat ini Kabupaten Dairi juga telah menerapkan transaksi melalui QRIS QREN untuk pembayaran tiket masuk di TWI Sitinjo.

HO / Tribun Medan
Bupati Dairi Edi Keleng Aye Berutu (ketiga dari kanan) bersama Direktur Pemasaran Bank Sumut Hadi Sucipto didampingi pemimpin Bank Sumut Cabang Sidikalang Iwanta Sitepu (paling kiri) usai peresmian smart ETP di Kabupaten Dairi, Senin (12/4/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com - Bupati Dairi Edy Keleng Ate Berutu mengaku puas dan bangga akan layanan produk Bank Sumut yang telah banyak berbasiskan teknologi. 

“Dengan dukungan produk dan layanan dari Bank Sumut maka Pemerintah Dairi akan semakin mudah mempercepat elektronifikasi transaksi, optimalisasi pendapatan daerah, serta membangun masyarakat sejahtera dengan meningkatkan kualitas layanan publik dan Tata kelola pemerintahan berbasiskan elektronik,” ujar Bupati Edy, Senin (12/4/2021).

Pemerintah Kabupaten Dairi bekerjasama dengan PT.Bank Sumut, resmi meluncurkan layanan Smart Elektronifikasi Pemda (ETP) bertempat di Taman Wisata Iman (TWI) Sitonjo Kabupaten Dairi, Senin (12/4/2021). 

Dengan launching smart ETP tersebut, Pemkab Dairi kini telah mengimplementasi berbagai pembayaran non tunai maupun transaksi Pemda yang berbasis teknologi dengan dukungan Bank Sumut.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Dairi Edy Keleng Ate Berutu, Deputi Pengawasan Perwakilan Bank Indonesia Sumut Nasrullah, Perwakilan OJK Regional 5 Sumatera Mariana, Sekda Pemkab Dairi Leonardus Sihotang, anggota DPRD Kabupaten Dairi dan unsur Forkom Pimda Kabupaten Dairi, tutur hadir juga Direktur Pemasaran Bank Sumut Hadi Sucipto, Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut Budi Anshari Nst dan Pemimpin Bank Sumut Cabang Sidikalang Iwanta Sitepu. 

Direktur Pemasaran Bank Sumut, Hadi Sucipto menjelaskan peluncuran layanan smart ETP ini merupakan bagian dari wujud komitmen Bank Sumut dalam implementasi elektronifikasi Transaksi Pemda khususnya di Kabupaten Dairi, untuk mendukung transaksi keuangan maupun system pembayaran.

Layanan tersebut meliputi layanan aplikasi non tunai pada Pemkab Dairi baik dari sisi pengeluaran yaitu aplikasi CMS Kasda dan CMS OPD yang digunakan bendahara utk melakukan pembayaran secara online (SP2D online) kepada pihak rekanan atau pihak ketiga.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan Dari sisi penerimaan pajak dan retribusi daerah Bank Sumut juga telah mengimplementasikan aplikasi E-sts/E-pendapatan yang dipergunakan Badan Pendapatan Daerah utk mengelola data wajib pajak dan wajib retribusi daerah seperti PBB, BPHTB, pajak hotel, restoran, IMB, e-kir, retribusi kebersihan, sehingga para wajib pajak/retribusi dapat membayarkan dari beberapa channel pembayaran  seperti teller,atm dan mobile banking. 

“Saat ini Bank Sumut telah mengembangkan layanan berbasis QR Code yaitu QREN yg bekerjasama dengan PT. Telkom untuk memudahkan masyarakat membayarkan pajak dan retribusi dengan dompet elektronik seperti T-money bank sumut, linkaja, ovo, gopay, dana dan lain-lain,” ujar Hadi. 

Saat ini Kabupaten Dairi juga telah menerapkan transaksi melalui QRIS QREN untuk pembayaran tiket masuk di TWI Sitinjo.

Pada kesempatan yang sama, Bank Sumut juga bekerjasama dengan Pemkab Dairi untuk mewujudkan ASN Go Digital yaitu ID card ASN berbasis ATM dan seluruh ASN akan menggunakan aplikasi T-Money utk dipergunakan sebagai sistem pembayaran secara elektronik.

Selain itu pembayaran air melalui Perusahaan Daerah Air Minum Lae Nciho dan Perusahaan Daerah Pasar Sidikalang dapat dibayarkan retribusinya melalui atm, teller, sumut mobile dan juga melalui QRIS.

Bank Sumut juga telah memiliki layanan tanpa kantor yaitu sumut LINK laku pandai yang akan berkerjasama dengan BUMDES yg ada wilayah Dairi utk menjadi agen sumut LINK laku pandai, sehingga memudahkan masyarakat yg ada di pelosok daerah dapat melakukan transaksi perbankan.

“Bank Sumut juga telah memiliki layanan kartu debit yang insya Allah perijinan dan pelaksanaannya akan dilaunching pada tahun ini, meski terlambat namun Bank Sumut yakin dan berkomitmen mengejar ketertinggalannya agar mampu sejajar dengan industri perbankan lainnya dan memenuhi kebutuhan nasabah,” pungkas Hadi. 

(cr15/ tribun-medan.com) 

Penulis: Dian Nur Utama Saragih
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved