Breaking News:

Maksimalkan Pelayanan Administrasi, Disdukcapil Langkat Gandeng RSU Delia

Kerja sama antara dua lembaga ini menyangkut tentang program penerbitan biodata penduduk untuk bayi baru lahir.

DOK. Humas Pemkab Langkat
Pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Langkat dan Rumah Sakit Umum (RSU) Delia menandatangani perjanjian kerja sama Anak Lahir Dapat Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), dan Akta Kelahiran (ALDA KITA), bertempat di RSU Delia, Senin (12/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin menginstruksikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Langkat untuk melaksanakan perjanjian kerja sama dengan Rumah Sakit Umum (RSU) Delia.

Menurut dia, langkah tersebut dilakukan guna memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat Langkat.

Kerja sama antara dua lembaga tersebut menyangkut tentang program penerbitan biodata penduduk untuk bayi baru lahir.

Program yang dimaksud adalah Anak Lahir Dapat Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), dan Akta Kelahiran. Secara menyeluruh, program ini disingkat sebagai ALDA KITA.

Baca juga: Dituding Potong Dana Desa 4 Persen, Apdesi Langkat: Uangnya Dikirim Lagsung Kemenkeu, Kok Bisa?

Perjanjian itu ditandatangani secara langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Langkat Faizal Rizal Matondang dan Direktur RSU Delia dr Harry Wahyudi serta disaksikan oleh pemilik RSU Delia dr Wendy Isman Sitepu dan Manajemen RSU Delia Mimpin Sembiring.

Dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, kerja sama tersebut juga turut disaksikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Elviza dan Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil David Roniya Tarigan.

Penandatanganan perjanjian tersebut dilangsungkan di RSU Delia Jalan K H Dewantara, Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Senin (12/4/2021).

Pada kesempatan itu, Kadis Dukcapil Langkat Faizal Rizal Matondang menjelaskan, perjanjian kerja sama itu didasarkan pada instruksi Bupati Langkat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang berdomisili di Langkat.

Baca juga: Tinjau Satlat Hiu Latsitarda di Langkat, Gubernur Akpol Ingatkan Protokol Kesehatan

“Utamanya cakupan kepemilikan kependudukan bagi anak-anak usia 0 sampai 18 tahun yang dilahirkan di RSU Delia,” jelasnya.

ALDA KITA sendiri tidak dipungut biaya sepeser pun. Hal ini sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Langkat Nomor 3 Tahun 2014.

Selain itu, program tersebut tersebut berlaku selama satu tahun sejak ditandatanganinya surat keputusan (SK) perjanjian. Ke depannya, diharapkan perjanjian bisa diperpanjang sesuai kesepakatan bersama.

"Program ALDA KITA ini dapat terwujud atas kesepakatan bersama. Sebelumnya ALDA KITA Ini sudah dijalankan bersama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Pura,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSU Delia Harry Wahyudi mengucapkan terima kasih kepada Terbit dan Disdukcapil Langkat. Berkat kerja sama ini, kata dia, masyarakat memiliki kemudahan untuk mengurus dokumen kependudukan.

Baca juga: Para Tokoh Lintas Agama Sepakat Tolak Radikalisme dan Narkoba, Wabup Langkat Apresiasi

“Program ini pasti membahagiakan masyarakat. Juga membantu kami (RSU Delia) untuk memaksimalkan pelayanan kepada pasien. Terima kasih atas inovasi dan dukungannya,” ucap Harry.

Penulis: Amalia Purnama Sari (CM)
Editor: Amalia Purnama Sari (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved