Breaking News:

GoMart Tingkatkan Lapangan Kerja Bagi Perempuan, Solusi di Tengah Pandemi

kehadiran asisten belanja berpengalaman Emak Jago juga turut memberikan dampak sosial berupa lebih banyak lapangan pekerjaan

Tribun Medan/HO
Gojek permudah warga Medan belanja dari rumah melalui layanan GoMart 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - GoMart merupakan layanan belanja online mingguan dari aplikasi Gojek, dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah Covid-19.

"Sejak diluncurkan kembali pada 2019 lalu, lewat kerja sama dengan Alfa Group, GoMart telah menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selama pandemi, kami melihat pergeseran perilaku masyarakat dalam berbelanja groceries secara online menjadi lebih reguler, di mana mereka semakin mengandalkan layanan GoMart," ujar Tarun Agarwal, Head of Groceries Gojek, Kamis (15/4/2021) secara virtual.

Ia menuturkan, untuk merespons perubahan perilaku tersebut, maka secara bertahap berevolusi mengembangkan dan memperluas layanan serta fitur sehingga masyarakat dapat lebih mudah memenuhi kebutuhan grocery mingguannya secara online.

Baca juga: Gojek Kolaborasi dengan Halodoc dan Pemko Medan Menggelar Vaksinasi Drive Thru di Lanud Soewondo

Selain memudahkan pelanggan untuk memilih bahan makanan segar dan berkualitas dalam berbelanja di GoMart, kehadiran asisten belanja berpengalaman Emak Jago juga turut memberikan dampak sosial berupa lebih banyak lapangan pekerjaan bagi para perempuan yang mengalami tantangan selama pandemi.

Data dari Pusat Hukum Wanita Nasional (NWLC), antara Agustus hingga September, hampir 1,1 juta pekerja usia 20 tahun ke atas keluar dari angkatan kerja. Dari jumlah total tersebut, 865.000 di antaranya adalah perempuan.
Hal ini menyatakan bahwa angka perempuan yang terpaksa di-PHK lebih tinggi 4 kali lipat dibanding jumlah laki-lakinya, yaitu 216.000 orang pekerja.

“Dampak pandemi COVID-19 lebih berat dirasakan kelompok perempuan baik dari sisi ekonomi mau pun psikologis. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut akan berdampak terhadap terhambatnya pencapaian pembangunan SDM unggul. Oleh karenanya, inisiatif Gojek lewat layanan GoMart yang merekrut ibu-ibu khususnya keluarga mitra driver sebagai asisten belanja patut didukung dan diacungi jempol. Hal ini dapat menjadi peluang yang baik bagi perempuan agar dapat keluar dari situasi krisis yang diakibatkan oleh pandemi," ujar Vennetia Ryckerens Danes, Deputi Bidang Partipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

“Sebagai perusahaan yang selalu mengedepankan dampak sosial, asisten belanja Emak Jago merupakan upaya kami untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan untuk perempuan dan para ibu. Para Emak Jago kami rekrut dengan mendahulukan keluarga maupun sanak saudara dari para mitra driver Gojek yang juga mengalami tantangan selama masa pandemi. Hal ini semakin mempertegas misi dampak sosial yang senantiasa dipegang teguh oleh Gojek,” tambahTarun.

Hal ini senada dirasakan Siti Aisyah Emak Jago GoMart yang mengungkapkan sudah tiga bulan jadi Emak Jago, ia mendapatkan pendapatan lebih karena mampu membeli laptop dan handphone baru untuk anak dalam pendidikan.

"Saya sangat senang bisa jadi Emak Jago selain penghasilan tambah, saya bisa dapat wasasan lebih luas mengenali banyak produk," kata Siti.

Terkait hal ini, GoMart saat ini juga tampil dengan berbagai peningkatan layanan yang semakin mempermudah hidup masyarakat di masa pandemi. Hal ini dapat terlihat dari penambahan pilihan merchant serta produk terutama makanan hewani dan nabati segar dan berkualita, perluasan jangkauan layanan ke berbagai kota besar di Indonesia, peningkatan kualitas layanan dengan menghadirkan asisten belanja berpengalaman Emak Jago, dan pembaruan fitur.

Penulis: Yufis Nianis Nduru
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved