Breaking News:

Pemkab Simalungun Langsung Gerak Tertibkan KJA, Bupati Toba Poltak Sitorus Klaim Sudah Mulai Juga

Tanpa banyak gembar-gembor ke publik, Bupati Simalungun JR Saragih turun langsung memimpin operasi penertiban pada Rabu (14/4/2021) siang.

Tribun-Medan.com/Maurits Pardosi
Bupati Toba Poltak Sitorus saat berada di areal Kantor Bupati pada Kamis (15/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) sudah mulai dilakukan di kawasan Kabupaten Simalungun.

Tanpa banyak gembar-gembor ke publik, Bupati Simalungun JR Saragih turun langsung memimpin operasi penertiban pada Rabu (14/4/2021) siang.

Lebih seratusan KJA langsung dibersihkan dari perairan Danau Toba. Meski begitu, Pemkab Simalungun tak mengabaikan kebutuhan masyarakat. Pemkab memberikan kompensasi kepada pemilik KJA.

Terkait penertiban KJA, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pendekatan kepada masyarakat.

Baca juga: Bupati JR Saragih Tertibkan Ratusan KJA di Parapat, Beri Kompensasi Rp 5 Juta ke Pemilik

Baca juga: Keramba Jaring Apung dan Galian C di Kawasan Danau Toba Ganggu Pariwisata yang Dicanangkan Jokowi

Menurut dia, pembersihan KJA telah dimulai Pemkab Toba dengan cara mengumpulkan masyarakat pemilik KJA di kawasan Balige dan Ajibata dan menyampaikan bahwa pembersihan akan segera dilakukan.

Saat ditanya terkait rencana pembersihan KJA tersebut, ia tidak menjelaskan secara rinci kapan eksekusi di lapangan.

Adapun sebelumnya, pada 1 April lalu, Bupati Toba Poltak Sitorus mendengungkan akan membersihkan KJA di perairan Danau Toba wilayah Balige dan Ajibata.

Namun, hingga dua pekan berselang, penertiban KJA yang mengganggu geliat pariwisata di Danau Toba, tak kunjung terelasisasi.

Didampingi Kapolda Irjen Pol Panca Simanjuntak dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, Bupati Simalungun JR Saragih menertibkan Keramba Jaring Apung (KJA) yang ada di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Rabu (14/4/2021) siang.
Didampingi Kapolda Irjen Pol Panca Simanjuntak dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, Bupati Simalungun JR Saragih menertibkan Keramba Jaring Apung (KJA) yang ada di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Rabu (14/4/2021) siang. (Alija / TRIBUN MEDAN)

“Kita sudah mulai, dan ini sudah kita kerjakan dengan soft atau lembut. Kita sudah panggil yang di Balige dan Ajibata sudah kita panggil dan pada dasarnya sudah kooperatif. Mereka tidak keberatan, cuma kita harus persiapkan mereka dengan berpenghasilan yang lain dengan membuat pelatihan-pelatihan,” ucap Poltak saat disambangi Tribunmedan.id di Kantor Bupati, Kamis (15/4/2021).

Sebagai upaya untuk mengganti kesibukan para pemilik KJA, pihaknya akan membuat pelatihan keterampilan yang lain.

Halaman
12
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved