Breaking News:

Sidang Majelis Sinode Ke-36 GBKP Digelar Virtual, Gereja Berperan Strategis dalam Pembangunan

dengan pengalaman serta program yang dimiliki, GBKP sangat mumpuni dalam melaksanakan tugas mulia tersebut.

Tribun Medan
Plt Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt Sarianto Purba didampingi Moderamen lainnya dan Ketua Umum Panitia Kombes Pil Dr dr Antonius Ginting SpOG, MARS, Sekretaris Umum Gelora Kurnia P Ginting memukul gong tanda dimulainya Sidang Majelis Sinode ke-36 GBKP yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (15/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pembukaan Sidang Majelis Sinode  (SMS)  ke -36 GBKP (Gereja Batak Karo Protestan) yang dilaksanakan secara virtual ditandai dengan pemukulan gong oleh Plt Ketua Umum Moderamen Pdt Sarianto Purba didampingi Moderamen lainnya dan panitia di Medan, Kamis (15/4/2021).

Sebelumnya, dilaksanakan ibadah pembukaan dipimpin oleh Pdt Jeremy Tarigan dan khotbah secara virtual oleh Ketua PGI Pdt Gomar Gultom. 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya mengharapkan SMS menghasilkan rumusan  dan terobosan yang bermanfaat dalam peningkatan peran GBKP  dalam pembangunan nasional dan peningkatan kwalitas umat GBKP. 

Baca juga: Forum Komunikasi Konsultasi Gerejawi Sumut Gelar Talkshow Khusus Anak Muda

Disebutkan, kerukunan antar umat beragama sangat penting dan menjadi modal pembangunan bangsa. Butuh peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Sinergi pemerintah dan masyarakat jadi keharusan. Gereja sangat strategis posisinya karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Berperan.besar dalam pembangunan. GBKP yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, kehadirannya sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Saya melihat GBKP  telah mengambil peran yang luas  dalam berbagai program pembangunan agama sejak dahulu. Dalam konteks  kerukunan intra dan antar umat beragama, GBKP juga melibatkan diri sangat dalam. Hal ini dikarenakan faktor kerukunan adalah syarat utama menjaga keberagaman tetap damai dan harmonis," katanya.

Dikatakannya, dengan pengalaman serta program yang dimiliki, GBKP sangat mumpuni dalam melaksanakan tugas mulia tersebut.

Sementara itu Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, diperlukan peran serta agama di zaman global menuntun akhlak dan karakter manusia yang bermartabat.

Sedangkan Bupati Karo Terkelin Brahmana mengharapkan, SMS  dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan GBKP dan pertumbuhan iman jemaat. Walau jadwal  SMS mundur, akibat pandemi Covid 19, jangan mengurangi semangat untuk menghasilkan yang terbaik  dan tetap mematuhi Prokes. Dia juga berharap, para peserta memberikan masukan yang positif.

Terkelin yang tidak lama lagi mengakhiri jabatannya, juga berterimakasih atas dukungan Moderamen dan GBKP selama ia menjadi bupati.

Hari pertama sidang diisi dengan pemilihan pimpinan sidang, pengesahan tata tertib sidang dan laporan Moderamen selama 5 tahun (periode 2015-2020). SMS berlangsung hingga Minggu, 18 April 2021.

Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved