Human Interest Story

Sosok Mangasi Purba, Mantan Wartawan yang Masuk Bursa Wakil Wali Kota Siantar

Tahun 2019 hingga sekarang, sebagai Wakil Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Siantar.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Royandi Hutasoit
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Mangasi Purba saat diwawancarai wartawan, waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Nama Mantan Ketua KPU Pematangsiantar, Mangasi Tua Purba masuk dalam bursa Calon Wakil Wali Kota Pematangsiantar tahun 2021.

Namanya masuk seiring meninggalnya Wali Kota Pematangsiantar Terpilih 2020, Asner Silalahi, yang otomatis akan digantikan wakilnya Susanti Dewayani.

Nama Mangasi meramaikan nama-nama politik dan tokoh lainnya untuk menjadi Calon Wakil Wali Kota Pematangsiantar.

Sosok Mangasi sendiri cukup kenyang pengalaman di dunia politik organisasi. Kedua  bidang itu sudah ia memulai sejak menimba ilmu di bangku perkuliahan.

"Mendaftar sebagai calon wakil wali kota adalah bentuk penghormatan terhadap pride yang selama ini menjadi tujuan dari semua aktifitas keorganisasian yang saya geluti sejak dulu. Pride atau kebanggaan tersebut adalah, bahwa setiap aktivitas keorganisasian yang saya geluti itu ditujukan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur," ujar Mangasi.

Namun untuk semua niat itu, Mangasi akui harus berpasrah kepada Tuhan Yang Mahakuasa. Niatnya semata-mata ingin membangun Siantar bangkit dan maju.

Mantan Ketua KPU Siantar, Mangasi Purba menyerahkan permohonan diri ke DPC PDI-Perjuangan untuk menjadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar, Kamis (1/4/2021).
Mantan Ketua KPU Siantar, Mangasi Purba menyerahkan permohonan diri ke DPC PDI-Perjuangan untuk menjadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar, Kamis (1/4/2021). (Tribun-Medan.com/Alija Magribi)

"Sebagai manusia, saya hanya bisa berusaha untuk itu selebihnya biarlah itu menjadi kehendak dari Yang Maha Kuasa," tambahnya.

Mangasi Tua Purba lahir di Kota Pematangsiantar, pada 20 Maret 1976. Saat ini, ia berprofesi sebagai seorang advokat.

Pria berkulit hitam yang mudah tersenyum ini merupakan alumni SMA Negeri 1 Kota Siantar. Ia menimba ilmu di SMA itu sejak tahun 1991 hingga tahun 1994. 

Mangasi kecil mengenyam pendidikan di SD RK Budi Mulia 2 Kota Pematangsiantar Tahun 1988. Kemudian ia melanjutkan pendidikan ke SMP RK Bintang Timur tahun 1991.

Mangasi mendapat gelar sarjana hukum (SH) dari Fakultas Hukum Universitas Khatolik (Unika) St Thomas Sumatera Utara, Medan Tahun 2006.

Di bangku perkuliahan, Mangasi Tua Purba cukup aktif di sejumlah organisasi. Sebelum reformasi, persisnya hingga tahun 1997, ayah dari Agrilya itu merupakan fungsionaris SMPT Unika St Thomas.

Periode tahun 1999 - 2001, dia dipercaya sebagai Sekretaris DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Medan.

Kariernya di GMNI melaju, seiring dengan tanggungjawab yang diberikan kepadanya sebagai Wakil Ketua Korda GMNI Sumut tahun 2001 - 2003.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved