Breaking News:

Tanggapi Keluhan Air Tak Mengalir, PDAM Tirtanadi Toba Sebut Ada Pompa Terbakar dan Sudah Diganti

Keluhan sejumlah masyarakat Balige terkait air tak mengalir ke rumah warga mendapat respons dari PDAM Tirtanadi Toba.

Tribun Medan / Sofyan Akbar
Air Tirtanadi yang mengalir di rumah pelanggan di Jalan Gagak Raya, Perumnas Mandala, beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Keluhan sejumlah masyarakat Balige terkait air tak mengalir ke rumah warga mendapat respons dari PDAM Tirtanadi Toba.

Kepala Cabang PDAM Tirtanadi Toba, Afdholi Syahrial, mengatakan terjadi kerusakan pompa distribusi air ke wilayah Balige.

Pompa tersebut terbakar sehingga aliran air ke rumah pelanggan PDAM mengalami ganguan.

Afdholi mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan penggantian pompa dan diharapkan aliran air ke rumah pelanggan di wilayah Balige bisa kembali lancar.

“Kita sudah ganti dengan pompa yang baru, dan supplay air sudah mulai normal kembali. Mudah-mudahan dalam 24 jam ini bisa pulih semuanya,” kata Afdholi Syahrial, saat dihubungi Tribun-Medan.com, Jumat (16/4/2021).

Sementara itu, masyarakat Huta Bolon, Kelurahan I Balige, menyebutkan lebih dari dua minggu air tak ada mengalir ke rumah warga.

“Saat ini sudah sampai dua minggu dua hari atau 16 hari sudah enggak mengalir. Kalau daerah ini sekitar 150 KK, dan saya pikir lebih dari situ,” ujar Sumihar Tambunan (38), warga Huta Bolon, Jumat (16/4/2021).

Ia pun berharap PDAM Tirtanadi bisa melakukan perbaikan sehingga air kembali menmgalir ke rumah pelanggan.

“Kalau ada kerusakan, supaya secepatnya diperbaiki. Selain itu, diberikan solusi misalnya dibagikan air ke pelanggan-pelanggan agar kebutuhan air bisa terpenuhi,” sambungnya.

Kata Sumihar, saat ini upaya warga agar kebutuhan air tercukupi adalah menampung air hujan.

“Kebetulan saat ini musim hujan, itulah yang kita tampung yang kita gunakan untuk kebutuhan kamar mandi. Kadang juga mesti kita beli air untuk kita gunakan untuk kebutuhan dapur,” tuturnya.

Terpisah, Sekdakab Toba Audy Murphi Sitorus juga mengakui bahwa aliran air yang dikelola PDAM Tirtanadi bermasalah akhir-akhir ini.

“Ini akan kita surati Tirtanadi. Nanti kita akan sampaikan kepada pihak Tirtanadi kemudian kita akan mengundang mereka membahas apa permasalahannya,” ujar Audy Murphi Sitorus, Jumat.

(cr3/cr13/tribun-medan.com)

Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved