Breaking News:

Presiden Ingatkan Kepala Daerah Inovatif dan Fokus Program Prioritas

Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh kepala daerah agar tidak terjebak dengan rutinitas, namun terus mengembangkan inovasi

Editor: Ismail
Dok. Humas Pemko Medan
Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M. bersama Wakil Wali Kota, H. Aulia Rachman, Ketua DPRD Medan, Hasyim,  S.E serta unsur Forkopimda Medan mengikuti Rapat Koordinasi yang diikuti Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 secara virtual dari Ruang Command Center Wali Kota Medan. 

TRIBUNMEDAN.ID, MEDAN - Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh kepala daerah agar tidak terjebak dengan rutinitas, namun terus mengembangkan inovasi serta fokus pada program prioritas.

Hal ini disampaikan Presiden saat membuka Rapat Koordinasi yang diikuti Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020.  Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M. bersama Wakil Wali Kota, H. Aulia Rachman, Ketua DPRD Medan, Hasyim,  S.E serta unsur Forkopimda Medan mengikuti rakor secara virtual dari Ruang Command Center Wali Kota Medan.

Dalam rakor yang digelar Kementerian Dalam Negeri ini, Presiden mengingatkan agar kepala daerah jangan hanya puas membaca laporan, namun harus melakukan cek dan kontrol langsung ke lapangan. Yang dibutuhkan saat ini, sebut Presiden, adalah Inovasi, kecepatan, dan ketepatan.

Presiden juga berpesan agar kepala daerah fokus dan mempunyai skala prioritas. Buat beberapa program yang besar yang hasilnya dapat dirasakan masyarakat.

Pada saat itu, Presiden juga menekankan tentang pemulihan kesehatan dan perekonomian. Kedua hal ini, lanjut Presiden, harus bisa dikelola dengan baik. Jangan sampai karena mendahului ekonomi, penyebaran Covid-19 malah meningkat.

Berkaitan dengan penanganan Covid-19, Presiden mengatakan agar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dalam skala mikro, sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan harus terus dilakukan, dan dukung terus program vaksinasi.

Pandemi Covid-19 juga menyerang perekonomian. Banyak pabrik berhenti produksi dan terjadi PHK. Presiden menekankan agar APBD dapat memberikan pekerjaan kepada masyarakat kelas bawah. Caranya adalah menciptakan lapangan kerja dengan program-program padat karya yang akan menggerakkan perekonomian daerah.  Selain itu, Presiden juga berpesan agar kepala daerah segera mengeksekusi belanja  sosial karena rakyat menunggu dan membutuhkannya.

Pada bagian akhir, Presiden juga mengingatkan kepala daerah agar mendukung investasi. Jangan sampai memperlambat perizinan investasi yang akan membuka lapangan pekerjaan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Rakor ini juga diisi pemaparan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Kepala BNPB, Doni Monardo, dan Mendagri, Tito Karnavian.

Wali Kota Medan dengan tekun mengikuti rakor ini hingga selesai. Dengan sigap pula dia mencatat berbagai poin penting yang disampai Presiden maupun para narasumber.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved